Riau

BMKG Prediksi Beberapa Hari ke Depan Turun Hujan

PEKANBARU - Upaya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk 'memodifikasi' cuaca sejauh ini belum berjalan optimal. Kendati demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru menyatakan Provinsi Riau telah berpeluang hujan setelah siklon tropis Leepi yang sebelumnya berpusat di perairan Filipina mulai menghilag.

Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Warih Budi Lestari, di Pekanbaru, Selasa (25/6/11:15 25/06/201311:15 25/06/201311:15 25/06/2013ZXZ 3), mengatakan, sebelumnya siklon tersebut telah membentuk tekanan rendah yang akhirnya menarik massa udara di permukaan Riau hingga terjadi minimnya pembentukan awan penyebab hujan.

Sebagian Riau menurut Warih hingga akhir Juni 2013 masih pada musim kemarau dengan tingkat kekeringan diatas normal. Kondisi tersebut sebelumnya sempat diperparah dengan terbentuknya daerah tekanan rendah akibat siklon tropis di laut Cina Selatan, tepatnya di perairan Filipina dan berdekatan dengan daratan Vietnam.

Saat ini, menurut Warih, siklon tropis Leepi tersebut berlahan telah naik ke permukaan dan mengarah ke daratan Vietnam. "Biasanya, jika siklon atau badai telah naik ke daratan, maka tidak lama kemudian dampaknya akan menghilang dan cuaca di Riau akan kembali normal" demikian Warih dilansir goriau.com. (rep02)

 


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]