Kewalahan, 4 RS Pekanbaru Penuh Pasien Covid-19

Kewalahan, 4 RS Pekanbaru Penuh Pasien Covid-19

PEKANBARU- Sejumlah rumah sakit di Kota Pekanbaru sudah kewalahan merawat pasien positif covid-19. Ada empat rumah sakit yang sudah kelebihan kapasitas.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, ruang isolasi bagi pasien covid-19 sudah penuh di RS Awal Bros Ahmad Yani, RS Prof Tabrani, RSUD Arifin Achmad dan RS Sansani.

Total sudah terisi 130 ruang isolasi di empat rumah sakit tersebut. Secara keseluruhan kapasitas ruang isolasi covid-19 di Kota Pekanbaru mencapai 509 ruangan.


Ratusan ruangan ini tersebar di 22 rumah sakit di Kota Pekanbaru. Ada rumah sakit swasta dan rumah sakit pemerintah.

Saat ini hanya tersisa 167 ruang isolasi. Jumlah yang terisi 357 ruangan.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy tidak menampik bahwa ruang isolasi bagi pasien covid-19 semakin berkurang. Ia juga mengaku pemerintah kota belum berencana menambah ruang isolasi.

"Belum ada, sebab kapasitas masih tersedia. Apalagi nanti ada pasien yang pulang," terangnya, Jumat (4/9/2020).

Menurutnya, ruangan tersedia saat pasien sudah sembuh. Ia menyebut bahwa pasien bisa silih berganti di ruang isolasi yang tersedia.


Dirinya mengklaim kapasitas rumah sakit pemerintah dan swasta di Kota Pekanbaru masih bisa menampung pasien positif covid-19. Apalagi kondisi pasien positif saat ini banyak yang masa kesembuhannya cepat.

Pemerintah kota belum berencana membuat rumah sakit lapangan seiring kenaikan jumlah pasien positif covid-19. Ia menilai tim masih menprioritaskan pasien dengan gejala.


"Kalau gejalanya ringan, kita imbau isolasi mandiri. Maka kami imbau masyarakat jangan panik," jelasnya.

(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index