Taman Rekreasi Stanum Bangkinang Bakal Jadi RS Darurat Covid-19

Taman Rekreasi Stanum Bangkinang Bakal Jadi RS Darurat Covid-19

BANGKINANG - Meningkatnya kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kampar Riau, Pemkab Kampar mewacanakan rumah sakit darurat.

Lokasi yang dijadikan sebagai rumah sakit darurat bagi pasien Covid-19 adalah kawasan hunian taman rekreasi Stanum Bangkinang.

Wacana ini akan segera diwujudkan untuk mengantisipasi terbatasnya kamar hunian yang ada di RSUD Bangkinang maupun puskesmas.


Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, Jumat (7/8/2020) pekan lalu mengatakan, terkait hal tersebut segala sesuatu baik penganggaran maupun kebijakan lainnya akan dilakukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.


Catur menuturkan wacana rumah sakit darurat Covid-19 perlu koordinasi terhadap pemanfaatan lokasi Stanum sebagai rujukan bagi pasien Covid-19.

Terutama penganggarannya sehingga tidak bertentangan dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Soal ketersediaan dana, Insya Allah kita akan formulasikan anggaran yang ada di Dinas Kesehatan dan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kampar.”

“Anggaran dibutuhkan untuk fasilitas maupun terhadap keamanan di rumah sakit darurat tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Inpsektorat Kabupaten Kampar Muhammad terkait hal ini mengatakan telah melakukan konsultasi ke BPKP provinsi Riau bersama dengan Dinas Kesehatan.

Menurutnya, ada dua hal yang perlu diperhatikan yakni pengangnggaran dan skema pembayaran.

Ia berharap penggunaan anggaran dapat digunakan secara efisien dan akuntable, ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan menangani ini seperti Dinas Kesehatan, BPBD dan Satpol-PP. (Rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index