BPN Serahkan Ribuan Sertifikat Secara Virtual

BPN Serahkan Ribuan Sertifikat Secara Virtual

PEKANBARU  - Kantor Wilayah Ba­dan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau menggelar acara Penyerahan Sertifikat  Tanah untuk Rakyat Secara Virtual di Gedung Daerah Provinsi Riau, Jumat (7/8). Sebanyak 16.372 sertifikat yang diserahkan terdiri dari 11.781 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 4.397 sertipikat redistribusi tanah dan 194 sertifikat tanah wakaf, rumah ibadah dan perkuburan.

 

Meski virtual, penyerahan secara simbolis tetap diberikan kepada 10 perwakilan penerima sertifikat di Gedung Daerah Provinsi Riau, kemarin.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi didampingi Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau M Syahrir A Ptnh SH MM. Dalam acara ini juga hadir Forkopimda Riau. Penyerahan sertifikat tanah secara virtual juga dilaksanakan oleh bupati dan wali kota se-Provinsi Riau di daerah masing-masing.

 

"Untuk merealisasikan seluruh bidang tanah di Riau dapat terdaftar dan terpetakan pada 2025 maka setiap tahunnya target yang harus diselesaikan sebanyak 270.459 bidang tanah," ujar Kakanwil BPN Provinsi  Riau  M Syahrir A Ptnh SH MM.
"Diperkirakan di Riau terdapat 2.894.349 bidang tanah dan baru 53,27 persen yang sudah terdaftar," tambahnya.

 

Tahun ini, BPN Riau melaksanakan beberapa program strategis nasional di antaranya sertipikasi Tanah Objek Reporma Agraria (TORA), seperti Kegiatan redistribusi tanah yang tersebar di delapan kabupaten/kota, Riau ditargetkan 12.630 bidang. Hingga saat ini, sudah terealisasi sebanyak 60,32 persen atau 7.619 bidang.

Sedangkan untuk PTSL dengan target peta bidang tanah 172.557 (RM/PM/PHLN) bidang dan target SHAT sebanyak 39.784 bidang yang tersebar di 12 kabupaten/kota se-Riau dengan realisasi kuantitas 99,57 persen dan kualitas 93,46 persen.

Gubernur Riau H Syamsuar MSi memuji kinerja BPN Riau dan jajaran. "Kami sangat apresiasi pencapaian PSTL dan TORA oleh Kepala BPN Riau dan jajarannya. Kami  minta pemerintah kabupaten dan kota untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait PSTL dan redistribusi tanah rakyat," ujarnya.

 

Sedangkan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN A Sofyan Jalil yang bergabung dalam zoom meeting kemarin menjelaskan program PTSL ini sangat membantu perekonomian rakyat.

"Kami minta kawan-kawan di BPN untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat untuk lebih baik lagi," ujarnya.

 

Acara di Gedung Daerah kemarin, BPN Riau menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid seperti menggunakan masker, face field, sarung tangan dan menerapkan  social distancing. Terlihat kursi peserta diatur berjarak dan jarak saat penyerahan sertipikat kepada perwakilan. Hand sanitazer juga tersedia.(rep05)

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index