Spanyol Gelar Upacara Peringatan Untuk Puluhan Ribu Korban Corona

Spanyol Gelar Upacara Peringatan Untuk Puluhan Ribu Korban Corona

MADRID – Spanyol menggelar upacara untuk memperingati dan mengenang puluhan ribu orang yang meninggal akibat pandemi virus corona di negara itu. Negeri Matador merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah korban jiwa tertinggi di dunia, mencatat 28.413 korban meninggal dunia akibat Covid-19, dengan banyak di antaranya adalah petugas medis.

Upacara peringatan di Ibu Kota Madrid itu dipimpin Raja Spanyol Felipe VI dan dihadiri oleh sekira 400 tamu yang terdiri dari pejabat Uni Eropa (UE), organisasi internasional, dan undangan. Di antara para tamu terlihat Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Parlemen Eropa David Sassoli dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Tamu penting lainnya yang juga hadir adalah Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Beberapa kerabat korban dan petugas kesehatan juga hadir, demikian diwartakan Deutsche Welle.

Raja Spanyol Felipe VI berpidato pada upacara mengenang korban Covid-19, Madrid, 16 Juli 2020. (AFP)

Pemerintah Spanyol telah menyuarakan harapan bahwa upacara itu akan membantu mengatur suasana positif menjelang KTT dua hari Uni Eropa yang akan dimulai pada Jumat (17/7/2020). KTT kemungkinan akan membahas mengenai paket pemulihan €750 miliar yang diusulkan untuk mendukung ekonomi negara-negara anggota, dengan beberapa negara menyerukan agar uang dicairkan bukan sebagai hibah, tetapi sebagai pinjaman yang terkait dengan reformasi ekonomi yang mengikat.


Selain menderita salah satu korban kematian terburuk di dunia akibat penyakit ini, Spanyol telah menjadi salah satu negara yang paling terpukul oleh kemerosotan ekonomi dampak dari pandemi virus corona. Negara itu baru saja melonggarkan pengunciannya yang berlangsung selama tiga bulan dengan pembatasan ketat pada kebebasan bergerak penduduknya.(rep05)

Halaman

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index