Pj Bupati Inhu Terima Hasil Evaluasi Akuntabilitas Pemerintah

 Pj Bupati Inhu Terima Hasil Evaluasi Akuntabilitas Pemerintah
RENGAT-Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin menerima laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu yang diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Prof. Dr. Yudi Chrisnandy, ME di Ruang Yudhistira Hall, Lantai II Gedung Jogja Expo Center, Yogyakarta, Senin (25/1/2016).
 
Penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten/kota ini diikuti 156 kepala daerah se Sumatera dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyerahaan hasil evaluasi kinerja pemerintah kabupaten/kota yang dirangkai dengan acara Forum Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara ini juga dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.
 
Dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah yang diserahkan Menpan RB, Kabupaten Inhu meraih predikat CC bersama sejumlah kabupaten/kota lain di Provinsi Riau, yakni Kabupaten Bengkalis, Kampar, Dumai, dan Rokan Hulu. Sedangkan lima daerah lain di Riau yakni Kabupaten Rokan Hilir, Kuansing, Pelawan, Inhil dan Kota Pekanbaru meraih predikat C.
 
Bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi yang memperoleh predikat D, C, dan CC, penghargaan diberikan oleh MenPAN RB, sedangkan bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi yang memperoleh predikat B, BB, dan A, penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, H.Muhammad Jusuf Kalla.
 
Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, dalam laporannya mengatakan, setiap tahun diadakan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan, dan tahun ini diadakan evaluasi bagi 77 Kementerian/Lembaga, 34 Pemerintah Provinsi, dan 432 Pemerintah Kabupaten/Kota (baru 432 Pemerintahan Kabupaten/Kota yang sudah menyerahkan laporan kinerjanya.
 
Yuddy Chrisnandi menjelaskan, nilai predikat AA adalah 90 – 100, nilai predikat A adalah 80 – 90, nilai predikat BB adalah 70 – 80, nilai predikat B adalah 60 – 70, nilai predikat CC adalah 50 – 60, nilai predikat C adalah 40 – 50 dan nilai predikat D adalah dibawah 40.
 
Yuddi menyatakan, rata-rata nilai hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Kementerian/Lembaga pada tahun 2015 adalah 85,82 meningkat dari tahun 2014, yakni 84,70, rata-rata nilai hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi pada tahun 2015 adalah 60,47, meningkat dari tahun 2014 yang nilainya 59,21.
 
Usai menerima hasil akuntabilitas kinerja pemerintah, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin mengharapkan adanya upaya penguatan dan peningkatan kinerja kepada seluruh kepala SKPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Inhu.
 
“Sesuai pidato Menteri PAN-RB, ada tiga fase agenda reformasi birokrasi yang menjadi tuntutan bagi seluruh kepala SKPD dan ASN, yakni taat terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku sekaligus mampu dalam pengelolaannya, memahami akan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, sehingga pada akhirnya akan berimbas positif terhadap peningkatan kinerja guna pencapaian penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik,” ucap Kasiarudin.(rep05/rmc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index