DBH Dikurangi, DPRD Rohil Minta Kegiatan Satker yang Mubazir Dihapus

DBH Dikurangi,  DPRD Rohil Minta Kegiatan Satker yang Mubazir Dihapus
ROHIL-Komisi B DPRD Rohil berasumsi positif terhadap pengurangan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang banyak mempengaruhi kegiatan skala prioritas. Untuk menyiasatinya dewan meminta kegiatan non prioritas dihilangkan dalam mata anggaran.
 
"Sangat berpengaruh sekali, kegiatan jadi mepet artinya kegiatan non fisik harus dihilangkan dalam kegiatan mata anggaran berjalan," kata Ketua Komisi B DPRD Rohil, Hendra, dikonfirmasi Senin (25/1/2016), di Bagansiapiapi.
 
Menurutnya, pengurangan dana bagi hasil migas terhadap daerah penghasil migas bukan dikarenakan faktor minimnya anggaran pusat, melainkan karena dampak turunya harga minyak dunia yang secara tidak langsung berimbas terhadap pusat dan daerah.
 
"Saya juga sudah mendapat laporan tetapi tidak resmi dari Plt sekda bahwa tahun ini DBH untuk Rokan Hilir dikurangi pusat. Jadi, terpaksa kita harus kencangkan ikat pinggang," ungkap Hendra.
 
Dirinya mengusulkan supaya kegiatan disatuan kerja yang sifatnya tidak urgen dan skala prioritas agar dikurangi, supaya anggaran yang sudah disusun tidak menganggu jalannya roda pembangunan didaerah.
 
"Kemarin hasil pembicaraannya supaya kegiatan seperti, sosialisasi, kegiatan umum, anggaran rutin dinas dapat dikurangi agar perencanaan kegiatan pembangunan dapat berjalan," ungkapnya.
 
Sebelumnya Plt Sekdakab Rohil H Surya Arfan, mengatakan bahwa pemerintah daerah terpaksa memangkas anggaran rutin disatuan kerja perangkat daerah akibat adanya pemangkasan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas Rp150 miliar oleh Pemerintah Pusat.
 
"Tahun 2015, kita pengurangan Rp500 miliar lebih, kemudian tahun 2016 ini terjadi pengurangan lagi Rp150 miliar. Dana yang kita terima triwulan keempat tidak dibayarkan oleh pusat, ditunda bayar, sebesar Rp400 miliar lebih,” katanya.
 
Dengan adanya pengurangan itu, jelas sekda, struktur APBD Rohil yang sudah disepakati dengan legislatif akhir tahun lalu terjadi pergeseran-pergeseran sesuai dengan kemampuan dana yang ada. 
 
“Andaikan dana Rp400 miliar itu tidak disalurkan pemerintah pusat nantinya pada akhir tahun 2016, maka ada sekitar Rp1 triliun lebih kita akan mengurangi semua kegiatan kita,” katanya. 
 
Maka apabila terjadi pengurangan Rp1 triliun lebih, hampir semua kegiatan tidak ada, Pemkab Rohil hanya belanja tidak langsung saja, berupa belanja pegawai, belanja listrik serta sejenisnya, karena Rp1,02 triliun yang harus dibintang di APBD itu. (rep05/rmc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index