Riau Siaga Satu Kabut Asap

BNPB-TNI AU Lakukan Pemadaman Bersama

BNPB-TNI AU Lakukan Pemadaman Bersama

PEKANBARU-Kabid Rehabilitasi Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Syafril Tamum Sabtu (22/6/13) mengatakan bahwa saat ini Riau siaga satu bencana kabut asap. Bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI AU, BPBD Riau melakukan upaya untuk pemadaman karhutla di Riau.

Merutnya, upaya pemadaman yang dilakukan BNPB, TNI AU dan BPBD RIau selain membuat hujan buatan, juga dilakukan pemadaman dengan menggunakan bom air dan pemadaman melalui jalur darat. Hari ini dimulai melakukan hujan buatan dengan menebarkan garam sebagai benih air di udara. Sementara pemadaman melalui jalur darat sudah dilakukan beberapa waktu sebelumnya.

"Kita sudah melakukan upaya pemadaman melalui jalur darat beberapa waktu lalu. Sabtu ini dimulai pelaksanaan pembuatan hujan buatan bersama BNPB dan TNI AU di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru," terangnya dilansir riauterkini.com.

Sebelumnya, Kepala BNPB RI, Suamsul Ma'arif mengatakan bahwa pihaknya menyediakan 3 pesawat heli yang akan digunakan untuk melakukan bom air. Sedangkan pesawat yang digunakan untuk melaksanakan pembuatan hujan buatan adalah pesawat Cassa yang dibantu Hercules milik TNI-AU.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index