Bulan Februari, APBD 2016 Harus Sudah Jalan

Bulan Februari, APBD 2016 Harus Sudah Jalan
PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo menyebutkan paling lama awal Februari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 sudah jalan atau digunakan.
 
Dia meminta pada seluruh kepala satuan kerja untuk mempersiapkan diri terhadap segala proses dimulainya kegiatan pembangunan. "Saat ini masih dalam proses verifikasi di Kementerian Dalam Negeri.  Kita berharap awal Februari sudah bisa dipergunakan.  Artinya waktu panjang yang tersedia bagi SKPD dalam menjalankan program kegiatan.  Jangan sampai lagi ada alasan ada kegiatan yang tidak bisa dikerjakan karena tidak cukup waktu," jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (4/12).
 
Politisi PAN ini mengatakan, redahnya serapan anggaran yang terjadi di tahun 2015 yaitu sekitar 62% dan SILPA Rp 4 Triliun tidak terjadi lagi dengan harapan di tahun 2016 serapan mencapai 80 hingga 90 persen.  "Kami minta apa yang terjadi di tahun lalu dijadikan bahan evaluasi sehingga lebih baik di tahun 2016 ini," kata dia.
 
Disampaikan juga, dalam waktu dekat pihak Pimpinan DPRD Riau akan melakukan Rapat Koordinasi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau dalam membahas persoalan tersebut sehingga kinerja di tahun 2016 akan lebih baik.  
 
"Kami akan memberikan masukan juga nanti pada Plt Gubri terhadap kinerja ini.  Tidak perlu ada ketakutan-ketakutan lagi menjalankan anggaran, sepanjang mengikuti aturan," sebutnya lagi.
 
Sebagaimana yang dimaklumi, Total APBD 2016 Provinsi Riau berjumlah Rp 11,246 Triliun dengan rincian, Belanja Tidak Langsung  (BTL) sebesar Rp 5,024 triliun dan  anggaran Belanja Langsung (BL) sebesar Rp 6,22 triliun.  Terjadi Defisit anggaran sebesar Rp 3,543 triliun dan SILPA sekitar Rp 4 triliun.  (rep05/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index