Gawat, Sudah 12 Ribu Lebih Orang Riau Terkena ISPA

 Gawat, Sudah 12 Ribu Lebih Orang Riau Terkena ISPA
Pekanbaru-Jumlah korban akibat asap di Riau, setiap hari terus bertambah. Dari data Dinas Kesehatan, jumlah korban asap sudah mencapai 15.234 orang. Dan 12.262 orang adalah korban Inpeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).
 
Jumlah korban ISPA terbanyak berada di Kota Pekanbaru yang mencapai 2.160 orang.Meski tidak memiliki lahan dan hutan yang luas, kabut asap di Ibukota Provinsi Riau ini  kian parah. Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, hal tersebut terjadi karena arah angin yang membawa asap berkumpul di Pekanbaru.
 
Mengenai data korban asap, Dinkes mencatat terjadi kenaikan hampir 5.848 orang dibanding dua hari sebelumnya yang hanya berjumlah sekitar 9.386 orang. Artinya dalam satu hari saja, jumlah korban terpapar asap bisa bertambah hingga dua ribu lebih.
 ’’Setiap hari penambahannya cukup besar,’’ kata Kepala UPT Penanggulangan Krisis Dinkes Riau, Jhon Kenedi Senin (7/9).
 
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau Andra Sjyafril, mengatakan keseluruhan korban tersebut sudah mendapatkan perawatan dari Diskes masing-masing kabupaten kota.
 
Sedangkan untuk satatus udara sampai saat ini, ia menyatakan masih sangat tidak sehat dan berbahaya. Namun pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan status tanggap darurat.
 
’’Kami melaksanakan kewajiban sesuai tupoksi saja, memberikan pelayanan kesehatan optimal pada masyarakat,’’ katanya.(rep05/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index