Kabut Asap Kiriman Riau Melanda Aceh, Bandara Malikul Saleh Ditutup

Kabut Asap Kiriman Riau Melanda Aceh, Bandara Malikul Saleh Ditutup
Banda Aceh - Jadwal penerbangan di Bandara Malikul Saleh, Lhokseumawe, Aceh, terganggu akibat kabut asap. Aktivitas di bandara lumpuh total dan seluruh jadwal penerbangan dibatalkan.
 
Bandara Malikul saleh, Lhokseumawe melayani rute penerbangan Lhokseumawe - Medan maupun sebaliknya. Jadwal penerbangan di sana yaitu pukul 11.30 WIB dan 17.00 WIB. Sejak kabut asap akibat kebakaran hutan di Riau melanda Aceh, jadwal penerbangan di bandara ini sempat beberapa kali batalkan.
 
Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria, mengatakan, jarak pandang di Lhokseumawe hari ini hanya radius 200 meter. Kabut asap kiriman tersebut sangat mengganggu bagi penerbangan.
 
"Bandara Lhokseumawe (Malikul Saleh) sekarang di close," kata Zakaria saat ditemui wartawan, di kantor BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (3/9/3015). 
 
Kabut asap melanda sebagian daerah di Aceh. Jarak pandang di Banda Aceh lima kilometer, Meulaboh lima kilometer dan Sabang tiga kilometer. Selain itu, di provinsi paling ujung barat Indonesia juga terdapat lima titik api yaitu di Kabupaten Pidie sebanyak tiga titik, Aceh Barat satu titik dan Nagan Raya satu titik.
 
"Untuk sementara bandara Sultan Iskandar Muda berstatus waspada," jelasnya.
 
Menurut Zakaria, jarak pandang lima kilometer belum berpengaruh terhadap penerbangan. Jarak dalam radius dua kilometer pun, jelasnya, tidak mengganggu  penerbangan pesawat ukuran sedang.
 
"Sekarang kita selalu melapor ke bandara bila ada perubahan cuaca. Waktu landing maupun take off selalu kita beritahu mereka (pihak bandara)," ungkap Zakaria.(rep04)    

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index