1 Kecamatan 4 Ambulans

2016, Diskes Pelalawan Programkan Tambahan Ambulans

2016, Diskes Pelalawan Programkan Tambahan Ambulans
PANGKALANKERINCI - Guna memenuhi kebutuhan program Pelalawan Sehat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Kesehatan (Diskes) memprogramkan setiap kecamatan harus sudah memiliki 4 unit mobil ambulans, dan setiap kecamatan sudah memiliki rumah sakit type D. Sedangkan, program ini akan mulai dilaksanakan pada 2016 mendatang.
 
“Ya, insya Allah jika tidak ada aral melintang, maka pada 2016 mendatang, kami memprogramkan setiap kecamatan harus sudah memiliki empat unit mobil ambulans dan setiap kecamatan sudah memiliki rumah sakit type D,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan dr Endid R Pratiknyo melalui Sekretaris H Asril SKM MKes, Kamis (2/7) di Pangkalankerinci.
 
Diungkapkan mantan Kabag Umum Sekretariat DPRD Pelalawan ini, bahwa hingga saat ini paling tidak setiap puskesmas yang ada di 12 Kecamatan se-kabupaten Pelalawan, telah memiliki 2 unit Mobil ambulans. 
 
“Jadi, penambahan 2 unit lagi akan direalisasikan pada 2016 mendatang. Sedangkan khusus untuk daerah perairan yakni kecamatan Kuala Kampar, maka akan dilakukan penambahan 2 unit ambulans darat dan 2 ambulans sungai (ambulan terapung, red) yang juga akan direalisasikan pada 2016 mendatang,” paparnya.
 
Untuk itu, sambung mantan Kabid P2PL Diskes Pelalawan ini, bahwa dengan adanya penambahan ambulans pada 2016 mendatang, maka yang digunakan sistem jemput bola. Artinya, ambulans akan berkeliling dari desa satu ke desa lainnya mencari pasien yang membutuhkan perawatan lebih, akibat sakit parah terutama bagi yang tidak mampu untuk dibawa ke puskesmas atau ke rumah sakit.
 
“Jadi, ada ambulans yang siaga di masing-masing puskesmas kecamatan, dan juga ada yang keliling ambulansnya atau disebut dengan puskesmas keliling. Hal ini guna memenuhi pelayanan kesehatan hingga pelosok desa. Untuk itu, maka tidak ada istilah orang dipelosok desa dan warga  tidak mampu tidak tersentuh pelayanan kesehatan yang memadai. Pasalnya, hal ini menjadi prioritas kita untuk memaksimalkan program Pelalawan sehat,” ujarnya.  
 
Ditambahkannya, bahwa terkait program pembangunan rumah sakit (RS) type D disetiap kecamatan, hal ini merupakan bentuk kesiapan pihaknya dalam melayani pasien.(rep04/rpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index