Meranti Masih Kekurangan Pegawai

Meranti Masih Kekurangan Pegawai

KARENA masih banyak kekurangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Meranti membuat pihak eksekutif dan legislatif melakukan upaya pro aktif dengan menghadap ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), Azwar Abu Bakar beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan guna mendapatkan kuota PNS yang lebih besar nantinya dalam penerimaan.

Jajaran eksekutif dipimpin langsung oleh Bupati Drs Irwan Nasir MSi didampingi Kepala Badan Kepegawaian, Pembinaan dan Pelatihan (BKPP) Revirianto, Sekretaris BKPP Sariah SSos MM dan lainnya. Sementara itu jajaran legislatif diikuti Ketua Komisi I Dedi Putra SHi, Pauzi SE, Asmawi serta lainnya.

‘’Jumlah PNS di lingkungan Pemkab Meranti baru sebanyak 2.961 orang. Jadi masih perlu dilakukan penambahan PNS, apalagi pada beberapa jabatan dapat dikatakan sangat diperlukan. Hal itu juga sesuai dengan Permenpan Nomor Kep/75/M.PAN/7/2004 tentang Pedoman enghitungan Kebutuhan Pegawai berdasarkan beban kerja dalam rangka penyusunan formasi PNS dan Peraturan Menteri Pendaya Gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 26 tahun 2011 tentang Pedoman Penghitungan Jumlah Kebutuhan PNS untuk daerah,’’ terang Kepala BKPP Revirianto, Kamis (20/6).

Menurutnya audiensi kepada Menteri dilakukan untuk menyampaikan secara langsung gambaran dan kondisi PNS Kabupaten Kepulauan Meranti secara umum dan upaya yang telah dan akan dilakukan oleh pemkab terkait kondisi ril PNS di daerah berpulau itu. Selain itu juga untuk mendiskusikan penembahan formasi CPNS 2013 nanti guna mengatasi kekurangan serta pengisian struktur organisasi pada level menengah ke bawah.

‘’Dari diskusi kita kepada Menpan disepakati akan dilakukan penerimaan PNS pada tahun ini lebih kurang sebanyak 300 orang,’’ ujarnya. Revi juga mengakui koordinasi dan konsultasi terhadap legalitas pengangkatan honorer yang tidak lagi dibenarkan, kecuali dalam bentuk tenaga kontrak yang bersifat sementara atau guru bantu dengan catatan guru bantu dimaksudkan memiliki sertifikat mengajar sesuai bidang pendidikan.

Ketua Komisi I Dedi Putra Shi yang juga sempat ikut dalam rombongan tersebut mengakui kepada wartawan, Kamis (20/6) pihak DPRD khususnya Komisi I sepakat untuk penambahan tanaga PNS bagi Meranti. Namun tetap saja penambahan yang dilakukan adalah khusus pada formasi-formasi yang sangat diperlukan.

‘’Memang jumlah PNS kita masih sangat sedikit. Makanya kita sepakat untuk meminta tambah kuota kepada menteri. Kita berharap penambahan nantinya dapat sejalan dengan peningkatan kinerja Pemkab Meranti sendiri,’’ harapnya dilansir riaupos.co.id.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index