Ultah IBI ke-62

600 Bidan Disebar ke Seluruh Desa di Inhu

 600 Bidan Disebar ke Seluruh Desa di Inhu

RENGAT - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Salah satu upaya dilakukan adalah menempatkan 600 bidan di Puskesma dan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di seluruh desa/kelurahan.

“Pemkab terus meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan dengan tersebarnya Puskesmas dan Puskesmas Pembantu serta penempatan bidan di setiap desa,” ujar Wakil Bupati Inhu, Harman Harmaini, dalam sambutannya di acara HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-62, di Gedung Dang Purnama Rengat, Rabu (19/6).

Selain membangun Puskesmas dan Pustu, Pemkab Inhu juga  memberikan bantuan pada  masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan jaminan kesehatan antara lain Jamkesmas,  Jampersal, dan Bantuan Operasional Kesehatan untuk Puskesmas.

Harman menjelaskan,  peran bidan sebagai salah satu tenaga profesional sangatlah penting dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Inhu. Menurutnya bidan bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri.

Harman berharap kepada bidan-bidan yang ada di Inhu agar  bekerja dengan lebih sungguh-sungguh dan melaksanakan fungsinya sebagai salah satu kegiatan sosial. "Serta mempersatukan diri dalam satu wadah yang menghimpun semua potensi bidan di dalam IBI," tutur Harman.

Hadir dalam HUT IBI ke-62 ini anggota DPRD,  Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Kantor KBPP,  Ketua pengurus IBI Provinsi Riau, Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Inhu, Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Inhu, Ketua TP PKK Inhu serta pengurus, dan Ketua TP PKK kecamatan.

Ketua Pengurus IBI Inhu, Hj Yulita Amd Keb selaku Ketua Pengurus Cabang IBI dalam sambutannya  menjelaskan IBI lahir pada 24 Juni 1951 di Jakarta. Dia mengatakan di Inhu Bidan mengalami kemajuan yang cukup pesat dengan jumlah bidan yang terdata sebanyak 600 orang.

“Keberadaan bidan salah satu tujuannya untuk mensejahterahkan kesehatan masyarakat. Untuk itu kedepannya, bidan diharapkan  berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harap Yulita. (CR01/mtr)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index