Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Lakukan Pembenahan

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Lakukan Pembenahan
PANGKALANKERINCI - Meski tingkat kelulusan UN SMA di Kabupaten Pelalawan 100 persen, namun bukan jaminan pendidikan di Kabupaten Pelalawan tersebut berkualitas. Untuk itu, guna meningkatkan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan masih perlu melakukan pembenahan di berbagai bidang. Pembenahan yang akan dilakukan peningkatan mutu pendidikan standar pelayanan minimal (SPM).
 
“Ya, kami akan melakukan pembenahan dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Pelalawan, walaupun tingkat kelulusan 100 persen. Disamping itu juga, kami juga harus mencapai target Bupati Pelalawan HM Harris menjalani tujuh program strategis. Pembenahan yang akan dilakukan evaluasi pada peningkatan SPM yakni sarana dan prasarana, sumber daya manusia dan kesejahteraan para Guru,” terang Kepala Dinas Pendidikan H Syafruddin SPd MM, Jumat (12/6).
 
Diungkapkan mantan Kasat Pol PP Pemkab Kampar ini, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar pertemuan dengan pengawas sekolah, kepala UPTD dan kasek untuk membahas sarana dan prasarana yang belum layak untuk standar maksimal sekolah. Sedangkan untuk sumber daya manusia mulai dari pengawas, kepala sekolah dan guru, pihaknya juga akan melakukan evaluasi.
 
“Untuk pengawas, maka kedepannya akan difungsikan perannya dan juga akan menggelar pertemuan reguler. Sehingga nantinya para pengawas ini akan kami tugaskan membuat rapor. Pasalnya, selama ini pengawas kurang difungsikan sehingga perlu dioptimalkan dalam memberikan masukan kepada Disdik. Dan dari sisi kepala UPTD, akan kami fungsikan selaku bagian dari Dinas Pendidikan yang berada di kecamatan untuk mengatasi segala masalah yang muncul serta juga akan menggelar pertemuan reguler antara Disdik dan UPTD Disdik kecamatan se-Kabupaten Pelalawan,” ujarnya.
 
Ditambahkannya, bahwa untuk masalah kepala sekolah, pihaknya akan melakukan evaluasi kinerjanya. Dan jika tidak ada kinerja, maka akan Disdik akan melakukan evaluasi terhadap para kepala sekolah tersebut. Pasalnya, sejauh ini ini kinerja para kepala sekolah masih kurang maksimal. Dan ini dibuktikan dengan hasil UN Pelalawan yang selalu anjok yakni berada di urutan nomor tiga paling bawah se-Riau.
 
“Untuk itu, melalui evaluasi yang akan kami lakukan kepada para kepala sekolah, kami menargetkan tingkat kelulusan UN di Kabupaten Pelalawan minimal berada pada urutan 6 besar tingkat Provinsi Riau,’’ ujarnya.(rep04/rpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index