Kades: Mari Kita Bentuk KKUM Bersama-sama

Kades:  Mari Kita Bentuk KKUM Bersama-sama
PANGKALANKERINCI - Bupati Pelalawan HM Harris meminta kepada para kepala desa (kades) yang ada di daerah ini, untuk bisa mengajak masyarakatnya membentuk kelompok kerja usaha mandiri (KKUM). Hal ini dimaksudkan untuk bisa menciptakan peluang ekonomi yang berimbas kepada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
 
‘’Saat ini tingkat kesejahteraan masyarakat di pedesaan masih rendah yang dilatarbelakangi oleh masih banyak potensi desa yang belum didayagunakan secara optimal,” terang Bupati Pelalawan HM Harris, Selasa (2/6) di Pangkalankerinci.
 
Dijelaskan mantan Ketua Adeksi ini, bahwa terkait dengan hal tersebut dan dalam upaya percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan, maka perlu dilakukan kegiatan membentuk kelompok kerja usaha mandiri di desa.
 
“Jadi, dengan masih rendahnya kualitas SDM di pedesaan, tentunya juga akan menyebabkan rendahnya aksesibilitas masyarakat pedesaan dalam memperoleh pelayanan dasar untuk mengembangkan usaha ekonomi seperti sumber pembiayaan, informasi, dan teknologi, terbatasnya infrastruktur yang mendukung pengembangan desa dan belum optimalnya fungsi kelembagaan masyarakat yang ada di desa. Untuk itu, maka peran kepala desa sangat diharapkan untuk bisa mengajak masyarakatnya membentuk kelompok kerja usaha mandiri,” ujarnya.
 
Ditambahkan mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini, bahwa diharapkan dengan adanya kegiatan kelompuk kerja usaha mandiri di desa, mampu meringankan persoalan kebutuhan dasar warganya. Di antaranya yakni dengan mengoptimalkan potensi sumber daya ekonomi seperti perikanan, pertanian, peternakan, industri kecil, sosial dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakatnya secara mandiri.
 
“Untuk itu, maka perlunya meningkatkan partisipasi, daya kreasi dan inovasi masyarakat dalam mendayagunakan potensi ekonomi, sosial dan lingkungan hidup di desa. Dan mengembangkan kemandirian serta kemampuan berusaha diberbagai bidang usaha di desa, maka tentunya bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi dan kesempatan berusaha di desa. Jadi, saya minta para kepala desa dapat mengajak masyarakatnya membentuk kelompok kerja usaha mandiri demi kesejahteraan masyarakat disekitar lingkungannya,” tutupnya.(rep04/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index