Buruan Daftar, Pemerintah Jepang Beri Beasiswa ke Putra Riau

Buruan Daftar, Pemerintah Jepang Beri Beasiswa ke Putra Riau
PEKANBARU - Menyambut tahun ajaran baru 2015-2016, Pemerintah Jepang menawarkan Beasiswa (Monbukagakusho) kepada siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat) termasuk Riau untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang untuk tahun akademik 2016 (April 2016). 
 
"Ini kesempata besar yang harus direbut putra putri Riau, karena biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah Jepang, dan sistem pendidikannya pun lebih profesional'' kata Khadijah Umeda, Information & Culture Consulate General Of Japan kepada Riaupos.co saat berkunjung ke redaksi Riau Pos.
 
Menurut Khadijah Umeda, program serupa sudah pernah diluncurkan Pemerintah Jepang dan saat ini jumlah pelajar Indonesia yang menimba ilmu di negeri matahari terbit itu cukup banyak. ''Semua tentu itu merupakan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dan Jepang terutama di bidang pendidikan. Tujuannya guna meningkatkan kualitas pelajar Indonesia terutama dalam menyerap ilmu-ilmu terapan,'' katanya.
 
Dijelaskannya, dalam hal bea siswa ini, pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program saja antara S-1, D-3, atau D-2. Sedangkan pendaftarannya dilakukan dalam dua tahap. "Tahap pertama pada 4 mei hingga 21 Mei 2015. (khusus bagi pelamar lulusan tahun 2014 dan tahun  sebelumnya saja). Sedangkan tahapan kedua pada 25 Mei hingga 11Juni 2015 (khusus bagi pelamar lulusan tahun 2015 saja).
 
Syarat Dapat Beasiswa
Syarat melamar papar Khadijah, Warga Negara Indonesia, lahir antara tanggal 2 April 1994 sampai dengan tanggal 1 April 1999. Selain itu nilai minimal rata-rata Ujian Nasional 8,4 untuk program S-1, 8,0 untuk program D-3, 8,0 untuk program D-2.
 
Jika pada saat penutupan (11 Juni 2014) Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional asli belum bisa dikeluarkan, maka Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sementara dari Kepala Sekolah bisa diterima. Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB), nilai akan disetarakan sesuai di atas. Maka silakan melampirkan hasil ujian akhir dan tarnskrip nilai seluruh semester. 
 
Selain itu sebagai alternatif persyaratan pelamaran, bagi pelamar S-1 yang memilih bidang studi IPS bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3, dan pelamar D-2 bisa juga melamar dengan menggunakan sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) minimal level N4, walaupun persyaratan nilai minimal rata-rata Ujian Nasionalnya kurang. 
 
Pelamar harus lulus dari SLTA dan sederajat terlebih dahulu (bagi yang menggunakan sistem kelulusan Nasional/UAN), atau akan lulus maksimal 31 Maret 2015 (bagi yang menggunakan sistem kelulusan standar Internasional/IB). Hanya dapat mendaftar 1 (satu) program saja antara S1, D3, atau D2.
 
Prosedur Pendaftaran
Ia juga menjelaskan soal prosedur pendaftaran. Pertama paparnya, pelamar mengisi formulir aplikasi yang dapat didownload dari website resmi Kedutaan Besar Jepang  berikut http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.
 
Lakukan registrasi secara online melalui link yang tertera pada website resmi Kedutaan Besar Jepang diatas, lalu cetak/printout konfirmasi registrasi online yang berisi yang dikirimkan  ke e-mail pelamar. 
 
Kirimkan a) formulir aplikasi, b) lembar printout konfirmasi registrasi online, c) fotokopi  Ijazah/ Ijazah sementara yang dilegalisir/ dicap basah dari sekolah, d) fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah, e) fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) bagi yang ada,  ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Jl. M.H.Thamrin No. 24  Jakarta 10350 ( Konsulat tidak menerima pengiriman formulir )
   
Untuk keterangan lebih lanjut paparnya, silakan menghubungi Konsulat Jenderal Jepang di Medan atau Kedutaan Besar Jepang   ([email protected] atau [email protected]). (rep04/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index