Asap Menyerang, Warga Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Asap Menyerang, Warga Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

PEKANBARU-Kota Pekanbaru diselimuti asap tebal hari ini, Rabu (19/6/2013). Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru mengharapkan masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Asap ini adalah akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kota Pekanbaru sendiri dan juga daerah tetangga.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Pekanbaru, dr.Rini Hermiyati, Rabu (19/6). "Sebab kabut asap ini dapat mengganggu pernapasan dan juga iritasi mata,"ujarnya.

Yang sangat merasakan dampak pencemaran udara ini adalah balita dan juga orang tua lanjut usia. "Karena dari segi fisik mereka sudah mengalami penurunan," jelasnya.

Jadi untuk mengantisipasi masalah ini, sambung Rini. Masyarakat diminta untuk perbanyak minum air mineral dan juga makan buah-buahan. "Dan terutama sekali jika bepergian keluar, dianjurkan untuk memakai masker," himbaunya lagi seperti dilansir halloriau.

Ia menjelaskan belum bisa memprediksi apakah kabut asap ini akan berkurang dalam berapa hari ke depan ataukah malah bertambah parah. "Untuk pihak istansi yang menangani masalah ini, dapat berbuat yang terbaik. Termasuk menindak para pelaku pembakaran lahan,"tegasnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index