Bupati Herliyan Sebut, RT dan RW Ujung Tombak Masyarakat

 Bupati Herliyan Sebut, RT dan RW Ujung Tombak Masyarakat
Bengkalis-Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.
 
“Oleh sebab itu, seluruh Ketua RT, RW dan LPMK harus mengetahui, memahami dan dapat mensosialisasikan berbagai program yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” ujar Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknis RT, RW dan LPMK se-Kelurahan Balai Raja dan Titian Antui, Kecamatan Pinggir, Sabtu (7/3). Kegiatan yang diikuti sekitar 150 peserta itu dilaksanakan di Aula Rumah Yatim Ibdurrahman, Balai Raja.
 
Kata Herliyan, selain dapat meningkatkan semangat gotong royong dan swadaya murni masyarakat, sosialisasi dimaksud sangat diperlukan guna meminimalisir hambatan yang mungkin terjadi akibat ketidaktahuan atau kurangnya informasi yang mereka ketahui.
 
“Penyampaian informasi tersebut juga diperlukan agar masyarakat dapat memetik manfaat dari program tersebut. Baik itu program pembangunan fisik maupun non fisik”, sambung Bupati,
 
Salah satu program dimaksud adalah Program Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK SP). Saat ini, katanya, masing-masing kelurahan minimal memiliki dana UEK SP Rp. 4 milyar untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.
 
Selain itu, Ketua RT, RW dan LPMK juga senantiasa harus melakukan koordinasi dan sinergisitas. bukan saja dengan lurah, tetapi juga antar sesama RT, RW dan LPMK maupun dengan lembaga kemasyarakatan atau stakeholder lainnya yang ada di kelurahan masing-masing.
 
Di bagian lain, sebagai pemimpin dan orang yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting, seluruh pengurus RT, RW dan LPMK diharapkan benar-benar dapat menjadi tauladan. Memberikan contoh terbaik kepada seluruh warga di wilayahnya. Misalnya, dalam menjaga kebersihan lingkungan atau mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan.
 
“Dengan cara ini masyarakat akan lebih mudah digerakkan untuk berpartisipasi aktif terhadap program-program yang dilaksanakan, baik itu program pemerintah maupun swadaya murni masyarakat itu sendiri,” pesan Bupati.
 
Selain Kepala Badan Pembedayaan Pemerintahan dan masyarakat desa H Ismail dan Camat Pinggir Nazli, ikut hadir dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung sehari itu, diantaranya, Ketua Komisi I DPRD Bengkalis Adihan dan sejumlah anggota DPRD Bengkalis Dapil Mandau Pinggir. Kemudian Lurah Balai Raja Amiruddin dan Lurah Titian Antui Azhar.(budi/mcr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index