Mantap, 60 Warga Siak Kecil Dapat Rumah dari Pemkab Bengkalis

 Mantap, 60 Warga Siak Kecil Dapat Rumah dari Pemkab Bengkalis
BENGKALIS – Sebanyak 60 warga dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Siak Kecil mengaku senang dan gembira. Pasalnya, mereka telah menerima rumah layak huni (RLH) dari Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, usai pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rabu (18/2) kemarin.
 
Kegembiraan terpancar jelas dari raut wajah para perwakilan warga desa di kecamatan Siak Kecil yang secara simbolis menerima bingkai poto bergambar rumah layak huni tipe 36 atau ukuran 6 x 6 meter. Saat bersalaman dengan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, terlontar ucapan terima kasih dari salah seorang warga.
 
"Tentu saya senang sekali, karena Pak Bupati Herliyan Saleh mau membuatkan rumah untuk warga miskin. Alhamdulillah, sekarang saya sudah punya rumah pernamen ukuran 6 x 6 meter,” ujar salah seorang penerima RLH yang mengaku bernama Karto.    
 
Salah satu program strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk keluarga miskin melalui pemberian RLH sebanyak 600 unit per tahun. Rumah tersebut dibagikan pada keluarga kurang mampu di delapan kecamatan yang ada di Negeri Junjungan ini. 
 
"Sejak diluncurkan mulai tahun 2011 lalu, hingga 2014 kemarin, kita telah membangun 2.400 unit RLH. Insya-allah, pada akhir 2015, sebanyak 3.000 warga keluarga miskin akan mendapatkan rumah layak huni,” ungkap Herliyan Saleh.
 
Program pemberian RLH ini, sebagai bentuk komitmen Pemkab Bengkalis membantu masyarakat miskin untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Karena kata Herliyan Saleh, rumah merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia. Dengan mendapatkan rumah yang layak untuk ditempati, maka keluarga miskin yang ada di Kabupaten Bengkalis, tentu akan terangkat dari kemiskinan. 
 
"Program ini merupakan salah satu program strategis dalam upaya mengentaskan warga miskin yang ada,” ungkap Datuk Setia Amanah Negeri ini.
 
Disamping menyerahkan rumah layak huni kepada warga, Bupati Herliyan Saleh juga menyerahkan kartu jaminan kesehatan masyarakat daerah (Jamkesmasda) kepada warga. Selain itu turut diserahkan 6 unit ambulance kepada kepala desa dan kepala puskesmas. Desa yang menerima ambulance tersebut adalah Lubuk Muda, Sumber Jaya, Tanjung Belit, Desa Sadar Jaya dan Desa Bandar Jaya, serta Puskesmas Sadar Jaya.
 
Pemberian kartu Jamkesmasda dan ambulance desa, merupakan program strategis Pemkab Bengkalis untuk meningkatkan taraf kesehatan warga. Menurut Herliyan, melalui program Jamkesmasda, Pemkab Bengkalis membebaskan seluruh biaya pengobatan dan perawatan di Puskesmas, RSUD Bengkalis, Kecamatan Mandau maupun RSUD di kabupaten Siak, Dumai maupun Pekanbaru. Sementara, terkait armada ambulance desa yang diserahkan kepada desa, untuk memudahkan masyarakat untuk menjangkau fasiltias pusat kesehatan yang ada.(rep05/mcr)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index