RAPP Siap Dukung Penuh Tangani Karhutla di Riau

RAPP Siap Dukung Penuh Tangani Karhutla di Riau
PEKANBARU - Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) Tony Wenas menyatakan kesiapan perusahaan dalam membantu pemerintah untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan di Riau. Ini dilakukan untuk membantu mengeliminir dampak kabut asap yang mulai meresahkan.
 
"Perusahaan sudah menyiagakan heli di pusat komando karhutla di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin," ujar Tony Wenas di sela-sela rapat Peluncuran Aksi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Propinsi Riau tahun 2015 bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di Gedung Daerah, Gubernuran, Pekanbaru.
 
Ia menerangkan, PT RAPP memiliki Pusat Komando untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan yang siap merespon potensi timbulnya api di seluruh HTI perusahaan dan lahan masyarakat di sekitar konsesinya. Upaya pengendalian termasuk pemantauan di darat dan udara, termasuk memonitor titik panas dengan satelit yang dikaitkan dengan teknologi FDRS (Fire Danger Rating System) guna memitigasi dan mendeteksi sedini mungkin bahaya kebakaran lahan.
 
Perusahaan akan meningkatkan cadangan air di kanal dengan mengatur tata kelola air yang menggunakan teknologi ekohidro guna pencegahan awal. "Perusahaan juga menyiagakan helikopter dan 700 pasukan Tim Reaksi Cepat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran termasuk 630 anggota Masyarakat Peduli Api (MPA)," tambah Tony Wenas.
 
Selain itu, Tony Wenas menegaskan, sebagai perusahaan yang bergerak di industri pulp dan kertas, kayu adalah bahan baku yang harus dijaga agar keberlanjutan bisnis dapat dipertahankan.  Perusahaan memegang teguh kebijakan pengolahan lahan tanpa bakar (no burn policy) sejak perusahaan beroperasi. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index