Diselimuti Kabut Asap, Jarak Pandang di Dumai Terbatas

Diselimuti Kabut Asap, Jarak Pandang di Dumai Terbatas



Dumai  - Akibat kebakaran lahan gambut yang terjadi sepekan terakhir, membuat Kota Dumai, Riau, diselimuti kabut asap. Kawasan paling arah Medang Kampai yang merupakan pemukiman terdekat dengan lokasi kebakaran.

"Asapnya sangat pekat, terutama pagi hari. Jarak pandang kurang dari 20 meter," ujar Jali, warga Medang Kampai, Selasa (18/6/2013) dilansir detik.com.

Kabut asap akibat kebakaran lahan gambut seperti yang terjadi saat ini, merupakan kejadian tahunan setiap musim kemarau. Warga sangat cemas kebarakan kali ini akan terus meluas hingga ladang dan perkebunan sawit mereka yang berbatasan langsung dengan lahan gambut.

Sebagai langkah antisipasi, warga membuat parit yang dalam dan panjang di perbatasan antara ladang dan kebun sawit dengan lahan gambut. Selain itu bergiliran berjaga agar bisa saling mengingatkan bila api meluas.

"Api memang tidak terlihat di atas permukaan, namun api menjalar dibawah," ujar Anto warga lainnya.

Kebakaran lahan yang belum bisa teratasi itu, menurut warga, kabut menyelimuti wilayah perkampungan mereka tergantung arah angin. Jika angin dari kawasan gambut mengarah ke perkampungan, maka kabut asap akan membuat jarak pandang terbatas.

"Jadi arah angin itu sangat menentukan terjadinya kabut asap. Arah angin bisa berubah-ubah. Kalau sudah mengarah ke kampung kami, ya jarak pandang pasti terbtas," kata Anto.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index