Padamkan Kebakaran Hutan, Pemkab Bengkalis Minta Helikopter

Padamkan Kebakaran Hutan, Pemkab Bengkalis Minta Helikopter

PEKANBARU - Pihak Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Bengkalis, Riau bersama aparat kepolisian terus berupaya melakukan pemadaman api di sejumlah titik kebakaran hutan. Medan yang sulit di jangkau membuat Pemkab Bengkalis meminta bantuan helikopter ke Pemerintah Provinsi Riau.

"Kita telah mengajukan surat untuk meminta bantuan helikopter ke Pemprov Riau agar bisa di teruskan ke pemerintah pusat dalam hal ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," ujar Kabid Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, Suiswantoro, kepada Okezone, Selasa (10/2/2015).

Jika permintaan itu disetujui, pihak Pemkab meminta agar helikopter di stand by di Bengkalis.

"Helikopter itu sangat dibutuhkan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang sulit di jangkau melalui darat. Karena ada beberapa daerah yang kita kesulitan melakukan pemadaman," ucapnya.

Menurutnya, kebakaran di wilayah Bengkalis sudah terjadi sejak 13 Januari lalu. Dari data di lapangan sudah 30 hektare hutan dan lahan terbakar. Tidak hanya itu, kebakaran juga sudah merambah area perusahaan, salah satunya adalah di perkebunan sawit milik PT Surya Dumai.

"Dalam penanganan kebakaran hutan kita dibantu pihak kepolisian dan tim reaksi cepat dari PT Arara Abadi," ujarnya.

Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu terparah dari kebakaran hutan dan lahan di Riau. Sejumlah daerah yang terbakar adalah Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Rupat Utara, Siak Kecil, dan Bantan. (cr01/tempo)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index