2015, 3.500 Guru Uji Sertifikasi

2015, 3.500 Guru Uji Sertifikasi
Ilustrasi
Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mendata, hingga 2014 sudah 2.500 guru lulus uji sertifikasi. Diperkirakan, 3.500 guru lagi akan ikut uji sertifikasi tahun ini.
 
"Jika lulus semuanya, guru yang lulus sertifikasi bisa mencapai enam ribu guru," ujar Kasubag Keuangan Disdik Kota Pekanbaru Z Bastian SE, seperti yang dikutip dari Riau Pos.
 
Dijelaskannya, bagi guru yang telah dinyatakan lulus sertifikasi tidak serta merta mendapatkan tunjangan. Menurutnya, salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan tersebut harus memiliki waktu mengajar sebanyak 24 jam setiap pekan di sekolah dan harus linear.
 
"Buktinya ada sekitar seratusan guru yang lulus sertifikasi tidak mendapatkan tunjangan karena tak linear. Guru tak linear itu seperti SK-nya guru bahasa Indonesia tetapi dia mengajar juga pelajaran lain, guru seperti itu banyak. Kami mendapatkan data dari pihak sekolah," katanya.
 
Ditambahkannya, besar tunjangan yang diterima setiap guru bersertifikasi juga berbeda. “Guru PNS bisa mendapatkan hingga Rp10 juta-Rp15 juta. Hitungannya tunjangan sebesar gaji pokok per bulan. Sedangkan untuk guru swasta sebesar Rp1.500.000 per bulan," sebutnya.(rep01/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index