2015, Pemkab Siak Akan Berikan 100 Sertifikat Gratis kepada Masyarakat Miskin

2015, Pemkab Siak Akan Berikan 100 Sertifikat Gratis kepada Masyarakat Miskin
SIAK - Setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Siak telah menyiapkan anggaran untuk pembuatan sertifikat tanah gratis bagi masyarakat miskin yang ada di wilayah Kabupaten Siak. Demikian di katakan oleh Kabag Pertanahan Kabupaten Siak Rommy Laksamana saat di tanya wartawan di Siak kemarin.
 
Dikatakanya, bahwa Taskin atau sertifikat miskin tahun 2014 lalu Pemerintah Kabupaten Siak telah menyiapkan sebanyak 100 sertifikat, namun yang terealisasi di lapangan hanya 98 sertifikat saja dan kita berharap tahun 2015 bisa mencapai 100 persen pelaksanaannya.
 
Rommy mengatakan, pembuatan sertifikat ini kalau dari Pemerintah Kabupaten Siak memang gratis, tapi kalau di lapangan masyarakat harus membayar biaya pengukuran di lapangan yang dilakukan oleh perangkat desa nantinya.
 
Lebih lanjut Rommy mengatakan, kalau prona itu bukan program Pemerintah Kabupaten Siak, tapi itu adalah Program BPN, dan ini harus di bedakan oleh masyarakat nantinya. Apalagi di lapangan nantinya ada juga di pinta untuk PBB dan surat pembuatan alas hak kalau masyarakat belum memiliki ini harus urus sendiri.
 
Rommy juga mengatakan, kategori masyarakat miskin yang akan mendapat Taskin ini nantinya di sesuaikan dan di tentukan oleh Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Siak yang di ketuai oleh Wakil Bupati.
 
“Oleh sebab itu, dengan adanya program  Taskin ini nantinya, tidak ada lagi masyarakat yang ada di Kabupaten Siak ini tanahnya yang tidak memiliki  surat. Sehingga dengan lengkapnya dokumentasi kepemilikan lahan, maka di lapangan akan bisa mengatasi masalah sengketa lahan yang selama ini sangat banyak terjadi.(Fandy)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index