Tak lama lagi, Pelalawan akan bangun MAN Unggulan

Tak lama lagi, Pelalawan akan bangun MAN Unggulan
PELALAWAN - Dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau, hanya Kabupaten Pelalawan belum memiliki lembaga pendidikan agama,yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) unggulan. Namun tidak lama lagi, daerah yang dipimpin duet HM Harris dan Drs H Marwan Ibrahim ini segera mendirikan madrasah unggulan tersebut. 
 
Langkah awal mewujudkan pendiriannya, segera dibentuk Tim Formatur yang akan merumuskan dan menunjuk orang yang berkomitmen dan konsisten mengurus lembaga ini nantinya. Semangat kebersamaan ingin memiliki MAN Unggulan ini terungkap saat dilaksanakannya rapat koordinasi Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan, di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pelalawan, Rabu (21/1).
 
"Wacana ini sudah muncul sejak lama. Rupanya gayung bersambut, tak hanya Kemenag Pelalawan yang sangat menginginkan lembaga pendidikan MAN Unggulan itu ada di daerah kita ini, begitu juga Pemkab Pelalawan yang disampaikan langsung oleh Pak Harris (Bupati Pelalawan),"terang Kepala Kantor Kemenag Pelalawan Drs H Zulkifli. 
 
Bahkan niat yang sama juga disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau H Tarmizi, MA saat bertemu Pak Bupati belum lama ini. "Intinya, ada harapan dan komitmen bersama untuk mendirikan sebuah Madrasah Aliyah Unggulan di Pelalawan. Karena itu, Rabu kemarin kita berkumpul bersama untuk mewujudkan cita-cita tersebut agar segera terealisasi,"jelasnya.
 
Zulkifli menjelaskan bahwa sebagai gambaran umum, wacana pendirian Madrasah Aliyah Unggulan khususnya di Ibukota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci sudah lama namun hingga saat ini belum terlaksana. Apalagi dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau hanya Kabupaten Pelalawan yang belum memiliki Madrasah Aliyah Negeri (MAN).
 
"Jadi niat mendirikan MAN Unggulan ini bukan sekedar hanya memenuhi keberadaan MAN di Kabupaten Pelalawan. Namun jauh dari itu, juga sebagai bentuk solusi mencegah kerawanan moral dan lunturnya akidah generasi di kabupaten yang kita cintai ini," katanya sambil menyebutkan selain itu juga dipandang sangat perlu untuk menghidupkan kegiatan di Komplek Islamic Center khususnya Masjid Ulul Azmi.
 
Pasalnya, sambungnya, dengan keberadaan madrasah/sekolah agama di sekitar Masjid Ulul Azmi otomatis keberadaan masjid dapat berfungsi secara maksimal.
 
Senada dengan itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarief,M.Si yang juga hadir pada kesempatan itu mengungkapkan, bahwa Bupati Pelalawan HM Harris memiliki komitmen terhadap pengembangan pendidikan termasuk pendidikan agama sebagai salah satu dari 7 Prioritas Pembangunan yakni Pelalawan Cerdas. 
 
"Tentunya Pak Bupati mendukung penuh wacana dan rencana serta program pendidikan agama ini. Karena memang seiring dengan 7 prioritas pembangunan yang salah satunya Pelalawan Cerdas. Nantinya, hendaknya yang mengelola madrasah ini baik Pengurus Yayasan maupun Pengurus Madrasahnya harus orang-orang yang profesional dan berkompeten di bidangnya agar niat kita ini membawa hasil sesuai dengan yang kita harapkan," katanya. 
 
Lampu hijau rencana pendirian MAN Unggulan ini juga disambut baik sejumlah anggota DPRD Pelalawan Junaidi ST dan H Abdullah,A.Md yang hadir dikesempatan itu. 
 
"Kami tentunya mendukung penuh keberadaan MAN Unggulan di Kabupaten Pelalawan. Kita berharap keberadaan lembaga pendidikan agama unggulan ini bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan keberadan MAN di Kabupaten Pelalawan, hendaknya menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainya," harapnya. (Rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index