2015, Kota Pekanbaru Mulai Membenahi Kawasan Kumuh

 2015, Kota Pekanbaru Mulai Membenahi Kawasan Kumuh
Pekanbaru-Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengatakan tahun 2015 ini  akan mulai membenahi kawasan kumuh yang ada di wilayahnya dengan pembangunan khusus, demi mengurangi kemiskinan.
 
"Tahap pertama dilakukan bagi dua titik kawasan kumuh terparah," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pekanbaru, Sofyan, Minggu, di Pekanbaru.
 
Dia mengatakan , Pemerintah Pekanbaru tahun ini mulai konsentrasi untuk membangun semua kawasan kumuh yang ada di 12 kecamatan yang ada di wilayahnya.
 
Untuk mengetahui titik mana saja yang merupakan kawasan kumuh, pihaknya sudah melakukan survei dan penelitian. Dari hasil tersebut pihaknya mengelompokkan atas beberapa tingkatan kawasan kumuh.
 
"Kumuh berat, sedang dan ringan," papar dia.
 
Dia juga mengatakan tujuannya untuk memudahkan program pembangunan dan perencanaan  penganggaran bagi Pemko, karena keterbatasan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
 
Menurut dia, dari hasil survei daerah kumuh yang dilakukan didapat tujuh titik kawasan kumuh yang tersebar di Enam Kecamatan. Hasil ini langsung di petakan dan diterbitkan Surat Keputusan (SK) Walikotanya untuk dilakukan perubahan .
 
"Masing -masing terdapat di Kecamatan Senapelan, Pekanbaru kota, Lima Puluh, Rumbai Pesisir, Rumbai dan Payung Sekaki," terang dia..
 
"Kita akan seleksi lagi dari tujuh titik yang dinyatakan kumuh, hanya dua tahun ini kita bangun dulu," paparnya.
 
Menurut dia, strategi ini dilakukan agar pembangunan kawasan kumuh tuntas hingga ke semua sektor yang mendukung suatu wilayah dinyatakan kumuh.
 
"Selain membangun perumahan masyarakat, kita bangun sanitasinya, air bersihnya, lingkungannya sehingga seutuhnya kawasan itu tidak kumuh lagi," kata dia.
 
Setelah itu, baru setiap tahunnya akan dilanjutkan pembangunan kawasan kumuh lainnya hingga suatu saat tidak terdapat lagi daerah kumuh di Pekanbaru. (rep05/ant)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index