Realisasi UED-SP Bengkalis Rp 425 M

Realisasi UED-SP Bengkalis Rp 425 M

Bengkalis - Realisasi Dana Program Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam UED-SP Kabupaten Bengkalis, Riau, yang dibagikan ke 102 Desa se Kabupaten Bengkalis mencapai Rp425 miliar.

Program UED-SP yang dimulai pada tahun 2011 hingga 2014 tersebut tercatat realisasinya sebesar Rp425 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bengkalis, Ismail di Bengkalis, Sabtu, mengatakan, realisasi dana program UED-SP pada saat tutup buku dari tahun 2011 hingga 2014 tercatat sebesar Rp425 miliar dan pengembalian dana tersebut sekitar 90 persen, sisanya masih dalam proses.

"Untuk peminjam yang tingkat pengembaliannya kurang lancar, ada tahapan-tahapan yang ditempuh," katanya.

Dia mengatakan, pinjaman yang disalurkan ke masyarakat di setiap desa tersebut tergolong lancar.

"Secara umum cukup lancar, bahkan di beberapa desa uang yang terkumpul sudah melebihi dari uang yang mereka terima dari Pemda Bengkalis," katanya.

Sementara itu, untuk pinjaman yang kurang lancar, ada tahapan-tahapan yang akan dilalui, diantaranya melalui jalur hukum, dan lebih menekankan pada upaya persuasif dengan menanamkan kesadaran pada si peminjam agar mau membayar tunggakannya.

"Tindakan secara hukum, tetap ditempuh bila berbagai tahapan tersebut tidak juga membuahkan hasil, dan langkah ini merupakan langkah yang paling berat dan terakhir dengan cara yang pertama tentunya menyita dulu jaminannya," katanya.(cr01/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index