Warga Pekanbaru Diimbau Beli Elpiji Di Agen

  Warga Pekanbaru Diimbau Beli Elpiji Di Agen
 
Pekanbaru-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Riau, mengimbau warga membeli gas elpiji tabung isi 12 kg di agen resmi sehingga mendapatkan harga yang sesuai dengan ketentuan pemerintah, yaitu Rp134.300.
 
"Saya mengimbau warga membeli gas elpiji 12 kg di agen resmi yang ditunjuk Pertamina, karena harga yang berlaku di agen merupakan harga ketetapan pemerintah," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Irba H Sulaiman di Pekanbaru, Rabu.
 
Ia menyebutkan untuk harga di tingkat pengecer, pihaknya tidak berwenang mengatur dan memang tidak ada regulasi yang mengatur harga di tingkat pengecer.
 
Irba menjelaskan harga yang terjadi di tingkat pengecer tergantung dari mekanisme pasar yang berlaku, dan hingga kini belum ada aturan yang mengatur ketetapan harga oleh pengecer.
 
Menurut dia, pengecer itu menetapkan harga elpiji 12 kg mencapai Rp170.000 per tabung karena terdapat sejumlah biaya yang mereka tanggung sendiri, seperti biaya angkut saat mereka membeli elpiji dari agen.
 
"Jadi pengecer tidak bisa disalahkan atas harga yang mereka tetapkan, untuk itu saya imbau silahkan warga membeli elpiji di agen resmi," katanya.
 
Sementara itu salah seorang pemilik agen, Khaidiri mengatakan hingga saat ini persediaan gas elpiji nonsubsidi tersebut masih cukup. Masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan.
 
"Stok gas aman dan saya juga menjual sesuai harga pemerintah," kata Khaidir.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Humas Pertamina Marketing Operation Region I Sumbagut, Brasto Galih Nugroho yang mengatakan pihaknya telah memutuskan menaikkan harga elpiji 12 kg sebesar Rp1.500 per kg terhitung mulai 2 Januari 2015 pukul 00.00 WIB.
 
Dengan penyesuaian itu, harga jual rata-rata elpiji 12 kg net dari Pertamina naik menjadi Rp9.069 per kg dari sebelumnya Rp7.569 per kg.
 
Jika ditambahkan dengan komponen biaya lain untuk transportasi, pengisian di SPPBE, margin Agen dan PPN, maka harga jual di agen menjadi Rp11.225 per kg atau Rp134.700 per tabung, dari harga sebelumnya Rp9.575 per kg atau Rp114.900 per tabung.
 
"Kalau di Riau seperti Kota Pekanbaru, harga elpiji 12 kg untuk tingkat agen Rp134.300 per tabung dan Kota Dumai Rp131.300 per tabung. Sedangkan di tingkat sub agen dan pengecer harganya di atas itu," katanya. (rep05/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index