Mewah, DPRD Riau Dapat Nissan Xtrail per Anggota

Mewah, DPRD Riau Dapat Nissan Xtrail per Anggota
Pemerintah Riau mengadakan mobil Nissan Xtrail untuk 61 anggota DPRD Riau dengan nilai Rp407 juta per unit.
Pekanbaru - Ketua DPRD Riau periode 2014-2019 mendapat jatah dua mobil mewah. Total nilai kedua mobil itu mencapat Rp4,9 miliar.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun Media Indonesia dan Metro TV, Ketua DPRD Riau Suparman mendapat Toyota Crown 3500 CC seharga Rp1,8 Miliar dan Land Cruiser 3500 CC seharga Rp3,1 Miliar.
 
Kepala Biro Perlengkapan Pemerintah Riau, Ayub Khan, membenarkan telah melakukan pengadaan mobil dinas untuk ketua DPRD Riau.
 
Selain untuk Ketua DPRD, pemerintah Riau juga mengadakan mobil Nissan Xtrail untuk 61 anggota DPRD Riau dengan nilai Rp407 juta per unit. "Semuanya sudah dalam proses lelang," kata Ayub di Pekanbaru, Kamis (23/10/ 2014).
 
Total anggaran untuk pengadaan mobil mencapai Rp30,9 miliar. Jumlah itu belum termasuk pengadaan mobil dinas untuk pejabat eselon 2 dan 3 Pemerintah Provinsi Riau. Sementara itu, sebagian kendaraan dinas untuk anggota dewan lama belum dikembalikan.
 
Pengadaan mobil untuk anggota dewan ini mendapat kritikan masyarakat. Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, mengatakan, pengadaan mobil untuk DPRD Riau periode 2014-2019 tidak berkorelasi dengan kesejahteraan masyarakat.
 
"Pemerintah Riau lagi-lagi tidak cermat dalam menggunakan anggaran. Pembelian mobil dinas yang mewah itu menunjukkan perilaku boros dalam menggunakan APBD," ujar Koordinator Fitra Riau, Usman, di tempat terpisah.
 
Usman berharap Pemerintah Riau membatalkan pengadaan mobil yang memboroskan APBD itu.
 
"Dewan juga harus kritis terhadap anggaran yang memboroskan uang rakyat Riau," kata Usman, seperti yang dikutip dari Metrotvnews.com. (rep01)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index