Terima Piala Adipura Perdana, Siak Kota Kecil Terbersih

 Terima Piala Adipura Perdana, Siak  Kota Kecil Terbersih

SIAK-Kabupaten Siak kembali berhasil meraih Piala Adipura dengan prediket Kota Kecil Terbersih. Piala tersebut, langsung diserahkan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono kepada Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi di Istana Negara, Senin (10/6).

Penghargaan Adipura perdana ini merupakan penilaian terhadap keberhasilan Pemerintah Kabupaten Siak  dalam mengelola Lingkungan Hidup Perkotaan dengan baik yang diraih 33 Kabupaten Kota diseluruh Indonesia.

Usai menerima Piala Adipura, bupati mengaku bahagia dan bersyukur atas hasil kerjakeras dan sinergi masyarakat bersama pemerintah ini.

“Alhamdulillah kita telah menerima Piala Adipura sebagai penghargaan tertinggi dari pemerintah dalam bidang lingkungan hidup. Piala ini hasil usaha dari masyarakat Siak yang senantiasa memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan, sekaligus merupakan kerjakeras dari para petugas kebersihan yang senantiasa rajin melaksanakan tugasnya disamping partisipasi masyarakat yang cinta dengan kebersihan. Tentunya penghargaan ini sangat bermakna bagi Kabupaten Siak, karena ini pertama kalinya kita meraih Adipura, ”jelasnya.

Bupati juga menyampaikan harapan agar prestasi ini mampu dipertahankan, tidak hanya sebagai tradisi menjaga kebersihan lingkungan kota, tapi juga menjalar hingga kecamatan, kelurahan, desa, sekolah dan kantor serta ruang publik lainnya.

Untuk itu lanjutnya,  penghargaan ini harus dijadikan motivasi bagi masyarakat bersama Pemkab Siak agar senantiasa bersinergi dalam rangka mewujudkan kota Siak Sri Indrapura yang hijau dan berbunga yang diharapkan menambah daya tarik wisata sebagai salah satu ikon wisata di Provinsi Riau.

“Tentunya kita ingin kota yang indah, hijau dan berbunga. Sehingga menjadi daya tarik lain selain objek wisata sejarah dan budaya melayu sebagaimana selama ini kita andalkan,” ujarnya.
       
Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup, H Sahrial SE, mengatakan sejak awal sangat optimis Kabupaten Siak akan berhasil meraih Piala Adipura. “memang meraih piala Adipura ini sangat sulit, namun Alhamdulillah dengan berbagai persiapan yang sudah dilaksanakan, pada tahun ini kita berhasil meraih piala Adipura tersebut. Mari kita jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk memelihara lingkungan sekitar kita sebaik mungkin,” ujarnya.

Dikatakannya lagi selama ini Pemkab Siak hanya mampu meraih penghargaan Sertifikat Adipura saja, tapi pada tahun 2013 ini, dengan perolehan nilai sebesar 75 poin, Kabupaten Siak terpilih lebih dari 500 Kabupaten Kota yang dinilai dan berhasil membawa pulang Piala Adipura dan menjadi kota kecil bersih secara nasional.

 “Alhamdulillah apa yang kita cita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT, Adipura ini sekaligus bertepatan pula dengan Ulang Tahun Bapak Bupati. Semoga menjadi kado istimewa buat beliau," sebutnya. (cr01/mtr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index