Riau

MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Inhu Resmi Dibuka Bupati H Yopi

RENGAT-Bupati Inhu H Yopi Arianto membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 tingkat Kabupaten Inhu tahun 2014 di Lapangan Sepakbola Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu, Senin (1/9) malam. MTQ kali ini akan diikuti sebanyak 615 peserta dari 14 kecamatan dan akan berlangsung hingga tanggal 6 September 2014 mendatang.
 
Pembukaan MTQ ke 44 tingkat Kabupaten Inhu ini ditandai pembunyian sirine dan pemukulan bedug oleh Bupati. MTQ diawali dengan pembacaan Alquran oleh Qori terbaik tingkat nasional H Magfiroh dan H Supriadi. Selain itu pembukaan MTQ juga dimeriahkan dengan penampilan Marching Band dari Satpol PP Inhu.
 
Tampak hadir pada acara pembukaan tersebut Ketua DPRD Inhu Ahmad Arif Ramli, Sekda Inhu Raja Erisman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan undangan.
 
Ketua Panitia Pelaksana yang juga Camat Pasir Penyu Drs M Solkan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Inhu yang telah mempercayakan Kecamatan Pasir Penyu sebagai tuan rumah MTQ ke 44 tingkat Kabupaten Inhu tahun 2014.
 
Selain bertujuan mencari khafilah-khafilah terbaik Kabupaten Inhu, MTQ ini dilaksanakan sebagai upaya
merangsang masyarakat khususnya generasi muda agar mampu mempelajari, memahami serta mendalami makna-makna yang terkandung dalam Al Quran, sehingga dapat menjadi bekal dan mampu menerapkannya dalam segala aspek kehidupan.  
 
“MTQ diikuti sekitar 615 peserta termasuk oficial dan pelatih pendamping dari 14 kecamatan se Kabupaten Inhu. MTQ ini akan berlangsung selama 6 hari hingga tanggal 6 September 2014 kedepan,” ujarnya.
 
Selain dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Batu Gajah, sejumlah lomba pada MTQ ke 44 ini akan dilaksanakan dibeberapa lokasi, diantaranya Komplek Pondok Pesantren Khairul Ummah dan Masjid Taqwa Kecamatan Pasir Penyu.
 
“Atas nama panitia, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur serta masyarakat Kecamatan Pasir Penyu yang telah bekerja sama mensukseskan pelaksanaan MTQ ini. Meskipun persiapan relatif singkat dan hanya dalam waktu sekitar 3 minggu,” tuturnya.
 
Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhu H Abdul Kadir menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ke 44 merupakan sejarah bagi Kabupaten Inhu. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan MTQ berdekatan dengan pelepasan sekaligus pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Inhu yang akan berangkat pada tanggal 3 September 2014. Beliau berharap, agar dalam pelaksanaan MTQ  dan Keberangkatn haji nantinya  dapat berjalan dengan lancar dan aman.
 
Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto, SE menghimbau agar seluruh masyarakat yang datang tidak hanya melihat dan menyaksikan dari sisi ceremonialnya saja, akan tetapi dapat terus meramaikan sampai penutupan kegiatan MTQ tersebut. “Dan yang paling penting adalah MTQ ini mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap Alquran sebagai pedoman hidup bagi umat muslim,” ungkapnya.
 
Pada kesempatan itu, Bupati H. Yopi Arianto sekaligus menandatangani prasasti pembangunan Gedung Pertemuan Buana Sakti Kecamatan Pasir Penyu dan memberikan secara simbolis Piala Bergilir MTQ tingkat Kabupaten Inhu kepada panitia serta bantuan 400 helai sarung dari LPTQ Kabupaten Inhu untuk guru mengaji. (TM01)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]