Riau

Bupati Inhu Hadiri Penutupan Pacu Sampan Tradisional 2014 Kuansing

Taluk Kuantan - Bertempat di Tepian Norosa Sungai Taluk Kuantan, Bupati Indragiri Hulu H. Yopi Arianto, SE menghadiri secara langsung penutupan Kejuaraan Nasional Pacu Sampan Tradisional 2014 Kabupaten Kuantan Singingi, Minggu (24-08-2014) setelah sebelumnya Bupati bersama jajaran Pemda Kabupaten Inhu diantaranya Sekda Drs. H. Raja Erisman, sejumlah Asisten, Staff Ahli, Kadis, Kakan, Kaban, Kabag serta Organisasi Kemasyarakatan FORLET Inhu dengan menggunakan sekitar 150 Sepeda motor melakukan touring bersama. 
 
Mengawali touringnya, Bupati beserta rombongan berangkat dari Rengat pada pukul 08.00 WIB menuju lokasi tempat berlangsungnya Kejuaraan Pacu Sampan di Kabupaten Kuantan Singingi. Pada Touring kali ini Bupati bersama rombongan sekaligus  memantau pembangunan yang ada di desa-desa di Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Tepat pukul 12.30 WIB Bupati bersama rombongan jajaran Pemda Kabupaten Inhu tiba di lokasi perkemahan Tim Atlet Pacu Sampan dari Kabupaten Inhu. Setelah disambut dengan tarian persembahan, dalam kesempatan itu Bupati Inhu H. Yopi Arianto menyapa para warga yang berada di lokasi tempat berlangsungnya event pacu jalur tersebut. 
 
Dalam sambutan singkatnya, Bupati hanya berpesan kepada para atlet khususnya Tim Atlet Pacu Sampan Kabupaten Inhu untuk terus semangat dan selalu menjunjung tinggi sportifitas dalam menghadapi putaran final di hari terakhir kejuaraan pacu sampan tersebut. “InsyaAllah dengan doa dan dukungan yang diberikan oleh para warga Inhu yang datang menyaksikan, semoga dalam kejuaraan ini kita dapat meraih kemenangan,” harap Bupati.
 
Selanjutnya, Bupati dengan didampingi para jajaran Pemda Kabupaten Inhu mengunjungi setiap tenda perkemahan yang ditempati oleh para atlet pacu sampan Kabupaten Inhu sekaligus menyaksikan melalui tribun penonton proses berlangsungnya kejuaraan pacu sampan tersebut.
 
Pada putaran final pertama di hari ke 4 (hari terakhir) yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp75 juta tersebut, berhasil mempertemukan 10 tim pacu sampan diantaranya  Tim Tapak Godang Sungai Gorokan (Gunung/GT) yang berhadapan dengan Tim Ular Serang (Kab. Inhu), Tim Tuah Kalajengking berhadapan (Kab. Inhu) berhadapan dengan Tim Pulau Laghe Mandulang Untuang (Pulau Mandulang Untuang), Tim Untung Betuah (Kab. Inhu) berhadapan dengan tim Siposan Rimbo RAPP (Pauh Angit/PGN/KS), Tim Duri Bengkuang Rawang Panjang (PL. Kedundung/KT) berhadapan dengan tim Seroja Indah Rawag Duri (KP. Tengah/KH) dan Tim Mariam Onggang Parau Bappeda (KPL. Pulau/ KH) berhadapan dengan tim Linggar Jati JA. RAPP (PL. Kumpai/PGN/KS).
 
Meskipun di hari terakhir pelaksanaan kejuaraan pacu sampan tersebut 3 tim perwakilan dari Kabupaten Inhu berhasil lolos, akan tetapi semuanya mengalami kegagalan pada putaran final pertama, sehingga predikat juara bertahan selama 2 tahun berturut-turut yang dipegang oleh tim Untung Betuah tidak mampu dipertahankan dalam event Pacu Sampan tahun ini. 
 
Sedangkan untuk hasil akhir dari kejuaraan pacu sampan tradisional Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2014, Tim tuan rumah Siposan Rimbo RAPP berhasil meraih kemenangan setelah pada partai puncak tersebut berhasil mengalahkan Tim Mariam Onggang Parau. Untuk peringkat ketiga berhasil diraih oleh tim Pulau Laghe Mandulang Untuang. 
 
Sedangkan untuk ketiga tim pacu sampan Kabupaten Inhu, pada kejuaraan tahun ini hanya berhasil menempati peringkat 8,9 dan 10. Mengenai kegagalan yang dialami Tim dari Kabupaten Inhu, sejumlah warga yang berasal dari Kabupaten Inhu berharap di tahun berikutnya Tim Pacu Sampan Kabupaten Inhu dapat merebut kembali gelar juara tersebut. (tm02/hms)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]