Pekanbaru Siapkan 4 Kecamatan Jadi Sentra Pertanian

Pekanbaru Siapkan 4 Kecamatan Jadi Sentra Pertanian
ilustrasi

PEKANBARU-Empat Kecamatan di Kota Pekanbaru dipersiapkan menjadi basis pengembangan sentra pertanian sayur-mayur. Empat daerah ini diharapkan pula bisa menopang kebutuhan sayur untuk masyarakat Kota Bertuah kedepan.

"Empat Kecamatan tersebut, adalah Kecamatan Rumbai Pesisir, Tenayan Raya, Marpoyan dan Tampan," ungkap Kepala Dinas Tanam Pangan Kota Pekanbaru Syahmanar Umar, Minggu (9/6).

Ia juga menyampaikan, selain sayur-mayur, para petani juga menanam tanaman jenis umbi-umbian. Sehingga meskipun Kota Pekanbaru, bukan daerah penyuplai sayur, tetapi setidaknya bisa memenuhi kebutuhan sayur daerahnya sendiri.

"Dan hal itu dapat menormalisasikan harga sayur yang ada. Sehingga tidak mahal dijual dipasar,"sebutnya.
Syahmanar mengungkapkan, Dinas Tanam Pangan sangat bekerja keras dalam membina petani sayur yang ada di Empat Kecamatan tersebut.

"Sehingga petugas penyuluhan dalam tiap bulan turun, untuk memberikan pendidikan terhadap para petani sayur agar pendapatan mereka meningkat,"tuturnya seperti dilansir halloriau.com .

Tetapi dalam hal ini, yang menjadi masalah adalah banyak para petani sayur yang berada di Pekanbaru ini, belum mempunyai lahan khusus. Kebanyakan mereka menumpang di lahan orang.

"Dan hal ini menjadi pemikiran penting, jika lahan itu diambil pemiliknya. Otomatis petani sayurnya juga tergusur dan hal ini harus jadi pemikiran bersama. Agar ketersediaan lahan juga dimiliki Pemerintah Kota Pekanbaru,"terangnya.

Selain itu dengan isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) juga berdampak bagi para petani. Sebab dengan begitu harga pupuk menjadi mahal.

"Untuk itu Dinas Pertanian Pekanbaru dapat memberikan bantuan Pupuk bersubsidi bagi mereka. Karena tugas Dinas Ketanaman Pangan hanya sebagai penyuluhan bagi para petani, bukan menyediakan pupuk atau lainnya," jelasnya lagi. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index