Kondisi Jalinteng Masih Memprihatinkan

Kondisi Jalinteng Masih Memprihatinkan
ilustrasi

RENGAT- Kondisi Jalan Lintas Tengah, tepatnya dari Simpang Japura Kecamatan Lirik hingga perbatasan antara Kabupaten Inhu dan Kuansing masih memprihatinkan. Kerusakan jalan tersebut dikhawatirkan akan lebih parah ketika memasuki musim hujan.
         
"Kondisi jalan lintas tengah saat ini masih banyak yang berlubang. Apabila lambat diperhatikan dan sudah memasuki musim hujan bisa lebih parah lagi. Bahkan rawan kecelakaan," ujar Medi, warga Peranap akhir pekan kemarin.

Diungkapkannya, kerusakan parah pada Jalinteng hampir terdapat pada sejumlah kecamatan yang dilintasi.  oleh Jalan Lintas Tengah. Sejauh ini, untuk mengatasi lubang yang ada sejak beberapa waktu lalu sudah dilakukan penimbunan. Namun demikian, apabila memasuki musim penghujan timbunan tanah itu akan berubah menjadi lumpur. Akibatnya, kembali terjadi lubang-lubang besar seperti yang terjadi sekitar bulan Maret lalu.

Diungkapkannya, Jalan Lintas Tengah merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Riau. Hanya saja selama ini perhatian terhadap Jalinteng sangat minim. Untuk itu, Medi berharap perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi di Jalinteng dapat cepat dilakukan.

Kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Inhu DR Ir H Asmara HK MM mengatakan untuk peningkatan pembagunan Jalan Lintas Tengah tahun ini sudah dianggarkan Pemprov Riau mencapai Rp 13,9 M lebih. "Hampir Rp 14 M pada tahun ini sudah dianggarkan untuk peningkatan Jalan Lintas Tengah melalui APBD Provinsi Riau tahun 2013," ujarnya.
          
Pelaksanaan peningkatan Jalan Lintas Tengah dibagi dalam dua paket yakni, paket Jalan Cerenti (Kuansing) hingga Simpang Kelayang dengan nilai Rp 6,9 M lebih. Kemudian paket kedua yakni Simpang Kelayang hingga Simpang Japura dengan nilai Rp 6,9 M lebih. “Dalam waktu dekat peningkatan Jalan Lintas Tengah sudah akan dimulai," terangnya. (tm01)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index