Yuk, Mengenal Rudal yang Tembak Jatuh MH17

 Yuk, Mengenal Rudal yang Tembak Jatuh MH17

Jakarta - Pesawat Malaysia Airlines MH17 dinyatakan jatuh di perbatasan Ukraina-Rusia pada Jumat dinihari tadi, 18 Juli 2014. Hingga kini masih belum diketahui persis penyebab jatuhnya pesawat komersial yang membawa 295 orang tersebut. Namun sejumlah analis militer menduga jatuhnya pesawat itu karena ditembak menggunakan sistem misil Buk M2.

Dilansir Guardian, Jumat, 18 Juli 2014, analis militer Rusia dari Royal United Services Institute, Igor Sutyagin, memprediksi bahwa jenis misil yang digunakan untuk menjatuhkan MH17 adalah sistem peluru kendali (rudal) jenis Buk. Misil tersebut merupakan sistem peluncur misil yang ditempatkan menggunakan kendaraan darat.

Senjata anti-serangan udara itu pun merupakan pengembangan teknologi militer oleh Uni Soviet. Meski Uni Soviet telah runtuh, Republik Federasi Rusia memutuskan untuk tetap melanjutkan pengembangan dari sistem misil tersebut untuk pertahanan Angkatan Darat. Hal itu karena kemampuan dan daya jelajah sistem Buk yang bisa diandalkan.

Misil Buk itu didesain untuk mengantisipasi pesawat tempur musuh, pesawat non-tempur, hingga persenjataan udara seperti rudal atau roket. Bahkan Buk juga dirancang untuk melumpuhkan serangan menggunakan Smart Bomb yang mampu memuntahkan ratusan bom saat ditembakkan. Buk sendiri dirancang mampu menghancurkan sasaran dengan tepat pada radius hingga 20 kilometer.

Sistem itu juga dilengkapi dengan radar canggih yang mampu mengunci musuh sehingga tingkat presisi terhadap sasarannya tepat. Bahkan Buk generasi M2, satu tingkat di bawah versi M3 yang paling canggih, diklaim mampu menembakkan 24 target sekaligus dari arah yang berlawanan.

Buk juga memiliki daya jelajah hingga 500 kilometer dari lokasi peluncuran. Jarak tersebut masuk dalam kategori menengah sehingga biasa digunakan untuk pertempuran darat. Tiap satu kendaraan Buk memiliki empat rudal yang siap diluncurkan. Tiap rudal itu memiliki hulu ledak seberat 180 kilogram.

Kecanggihan sistem rudal Buk itu membuat North Atlantic Treaty Organization alias NATO harus mengembangkan persenjataan serupa. Mereka pun membuat sistem Grizzly dengan seri terbaru yang diberi nama SA-17. Kemampuannya pun hampir sama dengan Buk M2 milik tentara Rusia. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index