Eks Kantor PU Riau Disulap Jadi RTH

 Eks Kantor PU Riau Disulap Jadi RTH
Kepala Dinas PU Riau SF Haryanto

PEKANBARU-Pasca diresmikannya menara Gedung Kantor Pekerjaan Umum (PU) Riau oleh Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, Kamis (6/6), Kepala Dinas PU Riau SF Haryanto menyebutkan bangunan tersebut akan menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

Ini dilakukan sebagai komitmen menciptakan kenyamanan dan keasrian dipusat kota yang terus bersolek dengan pembangunannya. "Langkah ini merupakan dukungan untuk mewujudkan green city sebagai salah satu indikator daerah maju yang ramah lingkungan. Progres tersebut direalisasikan, setelah gedung baru di jalan SM Amin di operasionalkan," sebutnya.

Dikatakannya lagi, saat ini Kantor bangunan tua eks Dinas PU tersebut sudah lebih dari setengah abad. Pihaknya akan konsep bangunan tersebut sedemikian rupa untuk menjadi ruang terbuka hijau dan tempat bersantai masyarakat.

"Berbagai tawaran datang, namun kita tetap komit menjadikan kantor PU lama sebagai RTH. Karena, di Pekanbaru, kawasan itu masih sangat terbatas," katanya.

Ketika ditanyakan mengenai konsep ruang terbuka hijau yang dimaksud, dia mengatakan nantinya eks kantor PU akan ditanami pepohonan yang rindang. Selain itu, akan dilengkapi dengan pertamanan dan tempat peristirahatan sederhana menyerupai taman kota.

Kendati demikian, Yanto juga menambahkan eks kantor PU Riau tersebut disulap menjadi kawasan ruang terbuka hijau akan didukung dengan sarana transportasi terbaik. Jalan Ahmad Yani dan Jalan Riau di sekitar kawasan ruang terbuka hijau akan diperlebar. "Ini diperlukan untuk mengatasi kemacetan di kawasan tersebut," imbuhnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index