Asiik, Tahun ini Pemko Pekanbaru Rekrut 400 Guru Kontrak

Selasa, 20 Mei 2014 | 04:49:00 WIB
PEKANBARU - Kabar gembira untuk masyarakat Pekanbaru khususnya mereka yang memegang ijazah guru. Pasalnya, tahun ini Pemko Pekanbaru akan mengontrak 400 guru sekolah dasar (SD) untuk memenuhi keperluan guru di Kota Bertuah. 
 
Hal tersebut dikatakan Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT untuk mengantisipasi keperluan guru kelas yang masih sangat minim. Padahal menurutnya, guru SD adalah ujung tombak untuk peningkatan mutu pendidikan di Pekanbaru.
 
‘’Keperluan akan guru kita jauh lebih besar dibandingkan yang lain. Jika tidak (memenuhinya, red), bisa kolaps kondisi pendidikan di Pekanbaru. Pasalnya, guru kelas itu sangat minim dan usulan kita ke pusat belum ada jaminan.
 
Makanya jalan keluarnya dengan melakukan perekrutan guru kontrak untuk guru kelas. Sekitar 300-400 orang akan kita rekrut dengan dengan sistem kontrak,’’ terang Wako, Senin (19/4/2014) di Kantor Wali Kota Pekanbaru.
 
Dijelaskannya, keperluan guru SD tersebut sangat besar termasuk untuk guru agama guna mendukung program sekolah mengaji. Dengan begitu, guru ini dapat benar-benar membimbing anak memahami Alquran yang mereka baca setiap harinya. 
 
Walupun sudah menyatakan akan melakukan perekrutan, namun Wako belum mengetahui kapan waktu pastinya perekrutan tersebut. Sementara itu, Wako juga menjelaskan jika di Pekanbaru juga kelebihan guru untuk mata pekajaran tertentu. Akibatnya, beberapa guru tidak bisa mengajar sehingga jam pelajaran kurang, dan dana sertifikasi tidak bisa dibayar. Untuk membantu mereka, Pemko berencana mentransfer beberapa orng menjadi guru kelas dan mendapatkan sertifikat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 
‘’Solusi lainnya juga kita akan lakukan upgrade kemampuan, dari guru mata pelajarann yang berlebih menjadi guru kelas. Nanti mereka akan kita berikan sertifikat sehingga mereka benar-benar siap menjalankan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Ini tugas kita, guru banyak berlebih tapi disatu sisi banyak juga yang kurang. Makanya harus seimbang akan keperluan tenaga pengajar ini,’’ terangnya.(rep05/rpc)

Terkini