Akibat Covid-19 Merajalela, Lima Puskesmas di Kampar Sementara Di tutup

Rabu, 23 September 2020 | 20:23:13 WIB

BANGKINANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar kembali harus menutup sejumlah Puskesmas di Kabupaten Kampar ditengah Pandemi Covid-19.

Langkah ini dilakukan karena kembali ditemukan adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Lima Puskesmas yang ditutup tersebut antaranya Puskesmas Tambang, Siak Hulu 1, Siak Hulu 2, Koto Kampar Hulu dan Kampar Kiri Hulu I.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi menuturkan Puskesmas tersebut terpaksa ditutup akibat adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ia mengatakan sejumlah Puskesmas tersebut akan ditutup selama 14 hari kerja. "Karena itu untuk sementara waktu pelayanan masyarakat dicover oleh Puskesmas terdekat," ungkapnya.

Dedy menghimbau masyarakat untuk tertib dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Mari patuhi Perbub nomor 44 tahun 2020. Disitu sudah diatur terkait pelanggaran protokol kesehatan covid-19. Keluar rumah pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan hindari kerumunan,” jelasnya.

Ia berharap, agar tidak ada lagi korban penambahan dari nakes akibat Covid-19.

Sebelumnya diberitakan beberapa waktu lalu, puluhan tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Kampar dinyatakan positif Covid-19 hasil laboratorium di Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Kampar, Dedy Sambudi, Senin (7/9) menuturkan ada dua tenaga kesehatan yang dinyatakan positif Covid 19 di Kampar. Tenaga kesehatan yang dinyatakan positif bertugas di Puskesmas Gunung Sahilan I.
Adanya tenaga kesehatan yang positif Covid 19 di Gunung Sahilan menambah rentetan jumlah tenaga kesehatan yang terkonformasi positif Covid 19 di Kampar.


Dedy mengatakan hari ini seluruh staff dan tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut dilakukan uji swab.

"Adanya tenaga kesehatan yang positif, Puskesmas Gunung Sahilan I terpaksa ditutup pelayanannya sementara," ungkapnya.

Dedy menuturkan ada kurang lebih 40 tenaga kesehatan di Kampar yang dinyatakan positif Covid 19.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan.

Untuk diketahui sebelumnya di Kampar sudah ada 5 Puskesmas yang sementara waktu di tutup pelayanannya akibat adanya tenaga kesahatan yang terkonfirmasi positif Covid 19.

Beberapa Puskesmas yang ditutup sebelumnya kini sudah kembali melayani pasien.(rep05)

Terkini