Politik

Amien Rais: Bangsa Ini Sekarang Sudah Jadi Jongos!


Jakarta-15 tahun usai reformasi, Indonesia masih bergelut dengan kemiskinan, pengangguran dan segudang masalah sosial lainnya. Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengkritik kinerja pemerintah era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Mohon maaf kalau bahasa saya kasar, sekarang ini bangsa kita jadi jongos di bangsa sendiri. Tidak ada kemandirian, ekologi hancur-hancuran, kurang sustainable," kata Amien saat memberikan sambutan di acara Rakernas PAN, JCC, Jakarta, Jumat (23/8).

Mantan Ketua MPR itu mengajak seluruh elemen untuk memperbaiki kondisi bangsa. Menurutnya, solusi jitu menangani persoalan sosial adalah kembali ke amandemen UUD 1945.

"Marilah kita jadikan bangsa, semua parpol, semua kekuatan bangsa bagaimana Pasal 33 dan 34 (UUD 45) tidak jadi ayat mati. Tapi kita jawantahkan betul, untuk kesejahteraan bangsa," terangnya.

Di internal PAN, Amien sendiri mendorong Kemenko Perekonomian yang juga Ketum PAN Hatta Rajasa untuk memberdayakan kader partai yang kompeten di bidang ekonomi.

"Mas Hatta, anda punya ekonom muda. Ada Drajat Wibowo dan Didik J Rachbini," kata Amien. (rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]