Pentagon Sebar Video Pasukan AS Serbu Markas ISIS di Afghanistan

Pentagon Sebar Video Pasukan AS Serbu Markas ISIS di Afghanistan
Afghanistan-Sebuah video dramatis menampilkan sebubah penggerebekan malam hari yang dilakukan pasukan khusus AS dan Afghanistan terhadap sebuah basis ISIS. Pangkalan ISIS yang digerebek itu berada di Provinsi Jowzjan pada 26 dan 27 Maret lalu. Serangan ini menewaskan sejumlah anggota dan seorang komandan ISIS. 
Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon menyebut video tersebut menunjukkan serangkaian kesuksesan operasi militer terhadap ISIS-Khorasan bulan ini. Khorasan adalah sebuah jaringan yang terdiri atas para anggota senior Al-Qaeda dan Front Al-Nusra yang bergabung dengan ISIS di Afghanistan. 
 
"Kekalahan ISIS-Khorasan di Jowzjan ini adalah yang terbaru dari serangkaian operasi gabungan AS-Afghanistan yang sukses di wilayah utara Afghanistan tahun ini," demikian pernyataan Pentagon. 
 
Jenderal John Nicholson, komandan pasukan AS di Afghanistan mengatakan, sebagian besar anggota ISIS-Khorasan adalah etnis Pashtun Pakistan. Pekan lalu, AU Afghanistan menggelar serangan udara dengan menggunakan misil berpemandu laser terhadap markas Taliban di provinsi Farah, wilayah barat negeri itu. 
 
Serangan tersebut menunjukkansemakin pentingnya Farah, di mana ratusan anggota Taliban bermunculan sejak AS-Afghanistan meningkatkan operasinya di Helmand yang bertetangga dengan Farah. Dalam sebulan terakhir, Taliban menggelar serangkaian serangan terhadap pasukan pemerintah, yang menurut aparat setempat, mendapat bantuan dari Iran. 
 
Seorang pejabat setempat yang tak mau disebutkan namanya menyebut jumlah korban tewas bisa mencapai 250 orang.(rep01, sumber kompas.com)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index