Pasar Ramadhan Membludak, Arus Lalu Lintas di Inhu Macet

Pasar Ramadhan Membludak, Arus Lalu Lintas di Inhu Macet

RENGAT-Pedagang dadakan yang menjual berbagai makanan berbuka puasa selalu muncul saat bulan Ramadhan di Kota Air Molek Kecamatan Pasir Penyu. Keberadaan pedagang ini, memberi nuansa tersendiri di saat Ramadhan.

Para pedagang dadakan ini berjualan di pinggiran Jalan Lintas Tengah, tepatnya di Pasar Lama Air Molek dalam jumlah yang cukup banyak. Barang dagangan yang dijual semuanya merupakan menu untuk berbuka puasa.

"Sejak puasa hari pertama sudah banyak pedagang yang berjualan di pinggiran jalan dalam kota Air Molek. Kebiasaan tersebut sudah berlangsung cukup lama dan selalu mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat," ujar tokoh masyarakat Air Molek, Abd Latif, Jumat (12/7).

Menurut Latif, masyarakat selalu berbelanja untuk membeli berbagai macam makanan berbuka puasa kepada pedagang dadakan ini. Anehnya lagi, saat ini pedagang dadakan tidak  terpusat hanya di pasar lama tetapi sudah hampir di sepanjang Jalan Sudirman dalam Kota Air Molek.

"Pedagang dadakan ini mulai berjualan sekitar pukul 16.00 WIB sampai saatnya masuk berbuka puasa, saat itu jalan dalam Kota Air Molek ramai hingga arus lalu lintas jadi macet,” jelas Latif.

Tokoh masyarakat ini mengatakan, bagi pengguna jalan yang akan melintas dalam Kota Air Molek pada sore, terpaksa mengambil jalan alternatif yakni di Desa Batu Gajah hingga tembus ke Sei Karas Kecamatan Lirik.
Ramainya masyarakat yang membeli menu berbuka dari pedagang dadakan di Air Molek  juga mendapatkan perhatian dari anggota DPRD Inhu,

Hafizon Ramadhan. Menurutnya, kemacetan lalu lintas di jalan dalam Kota Air Molek akibat banyaknya pedagang dadakan yang selalu terjadi setiap tahunnya.

“Banyak hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi kemacetan setiap bulan puasa akibat pedagang dadakan ini. Misalnya saja dengan memperlebar jalan atau juga mempersiapkan tempat khusus bagi pedagang ataupun solusi lainnya yang tidak sampai menghilangkan kebiasaan masyarakat mencari menu berbuka puasa," jelas Hafizon. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index