Dinsos Bengkalis Pulangkan Gepeng ke Kampung Halaman

Dinsos Bengkalis Pulangkan Gepeng ke Kampung Halaman
ilustrasi

BENGKALIS-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis, Senin (8/7) merazia gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Kota Bengkalis. Razia ini digelar karena adanya laporan masyarakat yang merasa risih dengan keberadaan para gepeng. Selain ini, razia ini juga mendukung ketertiban umum jelang Puasa Ramadhan.

"Ada tiga orang termasuk anak-anak yang mereka bawa kita amankan pada penertiban bersama petugas Satpol PP. Mereka ditertibkan selain menjelang Ramadhan ini, juga berdasarkan dari pantauan kita di lapangan dan sudah meresahkan masyarakat," ujar Kepala Dinsos Kabupaten Bengkalis Darmawi didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Zahraini.

Dikatakan, mereka semuanya berasal dari luar Bengkalis. Selanjutnya dipulangkan ke kampung halaman sesuai KTP-nya. Para pengemis dengan modus operasi mengikutsertakan anak-anaknya itu, selanjutnya didata dan wajib membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya di wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Kita akan tindak tegas pengemis-pengemis yang umumnya dari luar Bengkalis. Kita sangat menyayangkan kegiatan 'ngemis' yang mereka lakukan itu semuanya masih pada usia produktif 25 sampai 45 tahun, sehat jasmani dan rohani. Kemudian, mereka dalam melakukan aksi membawa anak-anak untuk menarik simpati masyarakat, tentunya itu membuat kita sangat prihatin, karena dapat berakibat pada pembodohan generasi kedepannya," katanya lagi.

Dinsos Kabupaten Bengkalis juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah dan lebih selektif dalam memberikan sedekah kepada pengemis di wilayah Kabupaten Bengkalis. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index