2021, Presiden Jokowi Lebih Menekan Pada Pertumbuhan Ekonomi APEC

2021, Presiden Jokowi Lebih Menekan Pada Pertumbuhan Ekonomi APEC

Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya mereaktivasi pertumbuhan ekonomi negara-negara APEC yang terdampak pandemi corona.

Kepala Negara, kata Retno, mengharapkan pertumbuhan ekonomi di negara kawasan pasifik bisa berbalik positif pada 2021 mendatang. Untuk mencapai harapan itu, Jokowi katanya menilai berbagai upaya harus dilakukan mulai dari sekarang.

"Presiden menekankan pentingnya mereaktivasi pertumbuhan ekonomi APEC, Presiden mengharapkan 2021 akan terjadi pertumbuhan positif dan upaya harus didorong dari sekarang," katanya dalam keterangan resmi secara virtual pada Jumat (20/11).


Retno mengatakan ada beberapa contoh upaya reaktivasi yang ditekankan Jokowi supaya ekonomi bisa bangkit dari tekanan corona. Salah satunya dengan mendorong perjalanan bisnis yang penting (essential) dengan mengoptimalisasi APEC Business Travel Card tapi tetap menjalankan protokol kesehatan disiplin.

Dia menambahkan rantai pasok, konektivitas, dan digitalisasi ekonomi juga harus diperkuat dan menjadi fokus utama negara-negara APEC.

"Ketiga, Presiden menekankan reformasi struktur dan multilateralisme harus terus didorong," tambahnya.

Retno mengatakan reaktivasi ekonomi harus segera dilakukan karena data Jokowi, pandemi telah membuat 34 juta penduduk di kawasan pasifik kehilangan mata pencaharian.

(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index