Wilayah NKRI Dicaplok, Jokowi: Kita Buat Ramai

Wilayah NKRI Dicaplok, Jokowi: Kita Buat Ramai
JAKARTA - Calon presiden nomor urut dua Joko Widodo menyatakan, Indonesia harus bersikap tegas terhadap negara lain yang menduduki atau mengklaim wilayah negara ini. "Jika ada negara lain yang menduduki atau mengklaim bagian dari wilayah Indonesia, misalnya pulau, maka Indonesia harus bersikap tegas," kata Joko Widodo dalam debat capres di Jakarta, Ahad (22/6) malam WIB.
 
Menurut Jokowi, sikap tegas ini sangat penting karena bagian dari wilayah Indonesia ini sudah menyangkut kedaulatan negara. Jika sudah menyangkut soal kedaulatan negara Indonesia, kata dia, apa pun solusinya harus dilakukan. "Kita akan kita buat ramai. Jangan dipikir saya tidak bisa tegas," ujarnya.
 
Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu menyatakan, jika masyarakat memberikan amanah kepada dirinya bersama Jusuf Kalla untuk menjadi pemimpin nasional, maka sebagai pemimpin nasional, apa pun akan dipertaruhkan untuk memjaga kedaulatan negara. "Sikap tegas itu adalah berani memutuskan dan mengambil risikonya," katanya.
 
Jokowi mengatakan hal itu, menjawab pertanyaan calon presiden nomor urut satu Prabowo Subianto yang menanyakan, bagaimana jika ada bagian dari wilayah Indonesia diklaim dan diduduki oleh negara lain. Acara debat Capres bertemakan Politik Internasional dan Ketahanan Nasional ini dimoderatori Prof Hikmahanto Juwana merupakan rangkaian debat ketiga dari lima kali debat yang direncanakan oleh KPU.(rep01/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index