Debat Ketiga, Jokowi Ungguli Prabowo

Debat Ketiga, Jokowi Ungguli Prabowo
Jakarta - Pengamat media sosial PoliticaWave menyebutkan calon presiden nomor urut dua Joko Widodo kembali merajai percakapan media sosial. Bos PoliticaWave Yose Rizal mengatakan dalam debat bertema Politik Internasional dan Ketahanan itu, hashtag yang paling banyak di percakapan netizen didominasi dukungan kepada Jokowi.
 
"#TegasPilih2 sebesar 78.296 percakapan, #JokowiJK_adalahKita sebesar 18.782 percakapan, dan #Salam2Jari 14.572 percakapan," kata Yose ketika dihubungi, Ahad, 22 Juni 2014. Sedangkan hashtag dukungan kepada Prabowo, antara lain #PrabowoHattaNo1 mendapatkan 22.636 percakapan, #IndonesiaAman mendapatkan 20.553 percakapan, dan #No1_PrabowoHatta 19.898 percakapan.
 
Yose mengatakan hashtag #TegasPilih2 dan #JokowiJK_adalahKita berhasil menjadi trending topik dunia. Bahkan berada di peringkat 1. Sedangkan Hashtag dukungan terhadap Prabowo yang masuk dalam tending topik dunia antara lain #IndonesiaAman dan #No1_PrabowoHatta.
 
Sayangnya, kata Yose, dari empat hashtag yang berhasil menjadi trending topik dunia itu, hanya #TegasPilih2 yang berasal dari percakapan netizen. "3 hashtag lainnya lebih banyak digenerate oleh akun robot, bukan netizen asli," ujarnya.
 
Menurut dia, ini harus menjadi perhatian dari tim sukses kedua kubu. "Percuma melakukan kampanye di media sosial dengan menggunakan akun robot," ujar Yose. (rep01/tpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index