Jaringan Smartfren Siap Sambut Pemudik Lebaran

Jaringan Smartfren Siap Sambut Pemudik Lebaran
Jakarta - Sama halnya dengan operator seluler lainnya, Smartfren Telecom yang mengusung teknologi CDMA juga tak mau kalah dalam hal persiapan menyambut lonjakan perpindahan pelanggan jelang mudik Lebaran tahun ini.
 
Untuk mengantisipasinya, operator yang beroperasi di spektrum frekuensi 800 MHz dan 1.900 MHz itu pun mengajak sejumlah media untuk melakukan drive test dari Jakarta hingga pelosok Bandung dalam tiga hari terakhir ini.
 
Dilengkapi dengan signal tracker yang sudah terinstalasi di ponsel Andromax, media pun bisa ikut memantau langsung koneksi jaringan selama perjalanan. Sementara untuk mengecek kecepatan upload dan download, digunakan fitur standar milik Speedtest. 
 
Sepanjang perjalanan dari Jakarta menuju Bandung lewat tol Cipularang, praktis tak ada gangguan jaringan yang berarti. Sinyal CDMA 1x dan EVDO Rev A nyaris fullbar meskipun sedikit naik turun -60 dbm hingga -80 dbm di beberapa area yang padat.
 
Gangguan selama perjalanan di tol hanya sempat terganggu dengan hilangnya sinyal alias blankspot di KM 66. Munir Syahda Prabowo, VP Network Management Smartfren, mengakui memang ada interferensi di sekitar area itu. "Di KM 66 kita memang kena interferensi dengan sinyal militer," akunya.
 
Selama perjalanan, mengakses aplikasi yang cukup memakan bandwidth seperti YouTube, Instagram, Path, Facebook, BlackBerry Messenger, WhatsApp, dan lainnya tak ada gangguan berarti.
 
Bahkan bisa dibilang, koneksi jaringan tetap lancar saat memasuki Bandung dan wilayah atas seperti Lembang dan daerah offroad di sekitar jalur pendakian. Sinyal 1x tidak putus, hanya saja sinyal untuk EVDO sempat hilang di jalur offroad meskipun tersambung kembali ketika tiba di atas. (rep05/dc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index