Juara Bertahan Spanyol Angkat Koper Dari Brazil

Juara Bertahan Spanyol Angkat Koper Dari Brazil
Jakarta - Spanyol di luar dugaan langsung tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014. La Furia Roja bukan juara bertahan pertama yang harus out di babak awal.
 
Adalah kekalahan 0-2 atas Chile yang membuat Spanyol harus angkat koper dari Piala Dunia 2014. Itu menjadi kekalahan kedua secara beruntun buat Iker Casillas dkk, setelah di laga perdana mereka dipecundangi Belanda dengan skor 1-5.
 
Sama sekali tak dapat poin setelah dua laga, Spanyol dipastikan tidak akan bisa mengejar perolehan angka Chile dan Belanda yang sama-sama sudah mengoleksi enam angka.
 
Tersingkirnya Spanyol menjadi kejutan besar karena status mereka sebagai juara bertahan. Bukan itu saja, 'Tim Matador' juga datang membawa status juara Eropa setelah pada dua edisi terakhir menjadi raja di Piala Eropa.
 
Tapi Spanyol bukan juara bertahan pertama yang harus out di babak awal. Empat tahun lalu Italia juga dapat nasib serupa.
 
Datang dengan status juara bertahan, Gli Azzurri malah cuma jadi penghuni dasar klasemen. Dari tiga pertandingan yang dijalani, Gianlugi Buffon cs menderita dua kekalahan dan cuma sekali imbang. Dengan poin dua Italia berada di bawah Paraguay (5), Slovakia (4) dan Selandia Baru (3).
 
Di tahun 2002 Prancis juga mengalami pengalaman buruk yang sama. Zinedine Zidane dkk dibuat tak berdaya saat tampil di Korea Selatan-Jepang, setelah empat tahun sebelumnya mengandaskan Brasil 3-0 di partai final.
 
Setelah kalah mengejutkan atas Senegal di pertandingan pertama, Prancis cuma berimbang dengan Uruguay dan kemudian kalah dari Denmark. Les Bleus pulang dengan satu poin hasil sekali bermain imbang dan menelan dua kekalahan. Prancis jadi juru kunci klasemen Grup A ketika itu.
 
Juara bertahan pertama yang harus tersingkir di fase grup adalah Brasil di tahun 1966. Bermain di Inggris, Brasil meraih satu kemenangan dan dua kali kalah. Hasil tersebut membuat mereka cuma bisa duduk di posisi tiga fase grup.(rep05/dc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index