Pemkab Meranti Kirim Data CPNS K2 Secara Bertahap

 Pemkab Meranti Kirim Data CPNS K2 Secara Bertahap
SELATPANJANG - Pemkab Kepulauan Meranti, Riau, tidak ingin kecolongan data administrasi palsu dalam berkas yang sudah diajukan lulusan seleksi CPNS K2. Untuk itu Tim Verifikasi baru akan mengirimkan berkas tersebut ke Menpan-RB jika tidak diragukan lagi kebenarannya.
 
Demikian diungkapkan Inspektur Kabupaten Kepulauan Meranti, Syafril Nawawi, yang juga menjabat Ketua Tim Verifikasi berkas CPNS K2. Menurutnya, Verifikasi mendalam perlu dilakukan, karena tidak tertutup kemungkinan berkas yang diajukan CPNS K2 banyak yang bermasalah.
 
"Dari 265 berkas CPNS K2 yang sedang kami lakukan verifikasi, terdapat 27 berkas yang dilaporkan masyarakat karena diragukan keabsahannya, dan tidak menutup kemungkinan data dalam berkas yang tidak dilaporkan masyarakat, juga diragukan kebenarannya," ungkap Syafril, Selasa (17/6/2014).
 
Dijelaskannya, verifikasi terhadap berkas CPNS K2 itu sangat penting agar tidak menimbulkan masalah hukum dikemudian hari. Apalagi karena banyaknya laporan dari masyarakat tentang adanya honorer K2 yang diduga menggunakan data palsu.
 
"Berkas-berkas yang sudah dinyatakan lengkap secara berangsur-angsur dikirimkan ke Kemenpan-RB sehingga bisa diproses. Hal ini sesuai permintaan pihak Kemenpan–RB supaya memudahkan untuk dilakukan proses selanjutnya," ujar Syafril.
 
Verifikasi dilakukan sesuai anjuran dari Kemenpan–RB sebelum diajukan kembali sebagai syarat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Bahkan tim juga melakukan pemanggilan Kepala UPTD, guru atau pegawai senior yang mengetahui para honorer K2 itu benar-benar telah mengabdi di tempat tersebut.
 
"Setelah keterangan dari masing-masing pihak didapat, maka pemanggilan terakhir baru dilakukan terhadap honorer K2 itu guna memastikan keterangan yang telah diberikan oleh para pemberi keterangan terdahulu," ujarnya.
 
Jika ada temuan bermasalah, terangnya, Tim verifikasi tidak berwenang mengambil keputusan. Persoalan yang menjadi temuan akan dilaporkan kepada Bupati sebelum diteruskan ke Pemerintah Pusat. Dirinya juga berharap agar para honorer yang dinyatakan lulus CPNS K2 tidak perlu merasa gelisah karena tim akan bekerja sangat profesional. (sas/rep1)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index