Di Tangan Kosta Rika, Ketangguhan Uruguay Kocar-kacir 3-1

Di Tangan Kosta Rika, Ketangguhan Uruguay Kocar-kacir  3-1
FORTALEZA – Kosta Rika mampu memberikan kejutan setelah membungkam Uruguay dengan skor 3-1 di babak penyisihan Grup D. Kemenangan itu tentu menjadi modal penting untuk menatap peluang lolos ke fase gugur, sementara buat Uruguay, Edinson Cavani dkk harus bekerja keras di partai-partai selanjutnya.
 
Sempat tertinggal dari gol Cavani dari titik putih, Kosta Rika mampu membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol melalui Joel Campbell, Oscar Duarte, dan Marcos Urena. 
 
Jalannya Pertandingan
Uruguay mengambil inisiatif serangan di awal babak pertama ini. Di lima menit awal, Cavani dkk banyak menguasai bola dan mereka masih mendikte permainan. Sementara itu, Kosta Rika berada dalam tekanan, dengan Campbell sendirian di depan.
 
Di menit kedelapan Kosta Rika menekan pertahanan Uruguay. Fernando Muslera harus mengantisipasi bola ancaman dari lawan, namun sejauh ini masih bisa diatasi. Berselang empat menit, Kosta Rika mulai banyak menguasai bola. Ruiz melakukan sundulan bola kiriman rekannya, namun masih terlalu tinggi.
 
Uruguay hampir membuka keunggulan pada menit ke-15, Godin menjaringkan bola ke gawang, namun ia sudah terjebak offside ketika ia memanfaatkan bola dari situasi tendangan bebas.
 
Hingga menit ke-19 kedudukan masih belum berubah. Kedua tim masih jual-beli serangan, namun masih belum ada yang benar-benar mematikan. Uruguay lebih baik ketimbang sang lawan.
 
Uruguay mendapatkan hadiah penalti di menit ke-24. Dari situasi tendangan bebas, Lugano dijatuhkan Diaz di kotak terlarang. Cavani ancang-ancang melakukan eksekusi. Cavani sukses menjalankan tugasnya melakukan eksekusi tendangan penalti. Bola diarahkan ke pojok kiri bawah gawang Kosta Rika, tanpa bisa dihalau Navas. Uruguay 1-0 Kosta Rika.
 
Dua menit berselang Kosta Rika mendapatkan peluang. Umpan jarak jauh, bola mengarah kepada Gonzales, yang diteruskan dengan sepakan kakinya, namun hanya tipis ke sisi kanan gawang, meski sempat mengenai tangan Muslera.
 
Pertahanan Uruguay kembali terancam di menit ke-36 , namun Lugano, sang kapten, dengan sigap membuang bola ketika rekannya kesulitan mengimbangi pergerakan lawan.
 
Memasuki menit ke-40 Cavani berusaha merebut bola di sisi kiri lapangan, namun bek lawan dengan sigap membuang bola jauh ke depan. Andai bola bisa digapai striker Uruguay ini, mereka bisa menambah gol. 
 
Forlan berada dalam posisi bebas, namun sulit mencari ruang tembak karena pertahanan lawan yang menumpuk, striker Uruguay ini mencoba mengarahkan bola secara melambung, namun justru melebar ke sisi kiri gawang. Tanpa Suarez, rupanya Uruguay kurang begitu menggigit hingga menit menjelang turun minum. Skor 1-0 tim besutan Osca Tabarez menutup laga babak pertama. 
 
Memasuki Babak kedua, Bola kini dalam penguasaan Kosta Rika. Beberapa kali Joel Campbell cs mengancam gawang Uruguay.
 
Kosta Rika membuka peluang pada menit ke-50, tendangan bebas brilian yang dilakukan Ruiz dan bola mengarah kepada Duarte, yang meneruskan dengan sundulan, namun Muslera dengan sigap memblok bola. Bola rebound kembali mengarah Duarte, namun sepakannya melebar.
 
Tak membutuhkan waktu lama, Joel Campbell menjadi penyelamat untuk Kosta Rika. Menerima umpan crossing Gamboa dari pojok kiri pertahanan Uruguay, dan bola gagal digapai Bolanos, sang striker melakukan tembakan dengan kaki kirinya dan bola melaju dengan deras ke tengah gawang, tanpa bisa diantisipasi Muslera. Uruguay 1-1 Kosta Rika di menit ke-54.
 
Berselang tiga menit Kosta Rika kini justru balik memimpin. Umpan Bolanos mampu dimanfaatkan dengan sundulan kepala Duarte. Uruguay 1-2 Kosta Rika.
 
Pertahanan Uruguay tampak kurang percaya diri. Mereka terlihat kuat dalam bola-bola mati. Ruiz mampu mengalahkan Godin dalam perebutan bola di udara sebelum sundulan kepalanya melambung di atas mistar gawang.
 
Hingga memasuki menit ke-80 usaha Uruguay masih belum efektif. Mereka memiliki sepuluh menit untuk menyamakan kedudukan.
 
Di menit ke-84 Kosta Rika berhasil menambah keunggulan, sementara Uruguay makin terbenam. Campbell memberi umpan cerdik kepada Urena yang bergerak masuk ke sisi kiri kotak penalti Uruguay, tanpa bisa dihalau Muslera. Urena melepaskan sepakan menyilang dan bola masuk ke sisi pojok kanan gawang. Uruguay 1-3 Kosta Rika.
 
Bola dalam penguasaan Kosta Rika. Uruguay masih belum bisa bangkit untuk memberi respons ketertinggalan. Memasuki tambahan waktu empat menit, Keributan sempat terjadi antarpemain setelah Pereira tampak memukul Campbell. Ia pun dijatuhkan kartu merah.
 
Wasit meniup peluit panjang, Skor akhir 1-3 untuk kemenangan Kosta Rika.
 
Susunan Pemain:
Uruguay: Muslera; Caceres, Lugano, Godin, Pereira; C. Rodriguez (Abel Hernández 76’), Gargano (Alvaro Gonzalez 60’), Arevalo, Stuani; Forlan (N. Lodeiro 60’), Cavani. 
 
Kosta Rika: Navas; Gamboa, Duarte, Umana, Diaz, C.Gonzalez; Borges, Bolanos (Michael Barrantes Rojas 89’), Tejeda (José Miguel Cubero Loria 74’); Campbell, Ruiz (M. Ureña 83’). (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index